2 tahun lalu |11 April 2016 18:00 |1010 Pembaca

Dishubpar Humbahas Belum Sesuaikan Tarif Angkutan

Foto: Angkutan umum di Humbahas yang masih menggunakan tarif ongkos lama meski harga BBM sudah turun sejak awal April lalu. Oka/ST

HUMBAHAS, SUARATAPANULI.COM – Turunnya harga bahan bakar minyak (BBM) awal April lalu belum dibarengi dengan turunnya tarif ongkos angkutan umum di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas). Alasannya pihak Dinas Perhubungan Pariwisata (Dishubpar) setempat belum membahas penyesuaian tarif tersebut.

“Kami belum belum menentukan tarif angkutan. Nanti akan dirapatkan dulu dengan pihak terkait seperti Organda dan lainnya,” ujar Kabid Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Dishubpar Humbahas, Jaulim Simanullang, Senin (11/4).

Katanya, rencananya pembahasan penyesuaian tarif angkutan ini digelar pada Kamis (14/4) mendatang. “Kalau tidak ada halangan, rapat pembahasan penyesuaian tariff angkutan ini akan digelar Kamis lusa,” terangnya.

Disinggung mengenai berapa kisaran tarif dasar penyesuaian, pihaknya juga masih belum bisa berbuat banyak. “Memang harga BBM sebelumnya sudah pernah naik, kemudian turun dan kembali lagi mengalami kenaikan dan seharusnya memang tarif angkutan umum juga disesuaikan. Namun kita belum bisa berbicara banyak tentang itu sebelum ada penetapan bersama dengan pihak terkait,” ucapnya.

Sementara dari hasil pantauan di lapangan, beberapa angkutan umum seperti angkutan juga becak bermotor masih memakai tarif lama. Para sopir mengaku akan mengubah tarif jika sudah ada keputusan Organda dan Dishubpar.

Editor: Mora