2 tahun lalu |12 April 2016 19:56 |500 Pembaca

Bikers Peserta Geobike Kaldera Toba Lintasi Humbahas

HUMBAHAS, SUARATAPANULI.COM – Ratusan bikers peserta Geobike Kaldera Toba 2016 yang mengelilingi Danau Toba melintasi Kabupaten Humbahas, kemarin. Even yang digagas oleh Jendela Toba dan Rumah Karya Indonesia ini memasuki tahun kedua.

“Untuk tahun ini peserta melintasi tujuh kabupaten di kawasan Danau Toba. Kegiatan ini diharapkan menjadi media edukasi dan penginspirasi perwujudan Geopark Kaldera Toba masuk ke dalam Geopark Global Networking oleh UNESCO,” terang Manager Produksi Kegiatan Irwansyah Harahap kepada wartawan.

Rutenya start dari Silalahi, Kabupaten Dairi, lanjut ke Karo-Simalungun-Tobasa-Tapanuli Utara-Humbahas-finish di Kabupaten Samosir. Irwansyah mengatakan, kehadiran bikers di tiap daerah yang dilintasi disambut hangat dan antusias oleh pemerintah daerah dan masyarakat.

“Kegiatan ini diharapkan dapat terus berkelanjutan, dan menjadi ruang membangun aspek-aspek yang berkaitan  dengan geologi Danau Toba,” pungkasnya.

Di Humbahas, para bikers disambut dengan beragam hiburan rakyat, vocal group dan beberapa tarian tradisional lainnya. Mereka ikut menari dan bernyanti bersama.

Ketua DPRD Humbahas, Manaek Hutasoit berharap ke depan Humbahas menjadi salah satu tujuan utama yang harus disinggahi dalam waktu yang lama. Sebab momen ini merupakan salah satu jembatan mempromosikan pesona dan potensi daerah. Berbagai kekurangan yang ada saat ini sedang diproses untuk dibenahi, termasuk dari segi pelayanan dan infrastruktur.

“Kita sangat mendukung, bahkan untuk tahun-tahun berikutnya kita akan terlibat lebih banyak lagi,” paparnya.

Senada dikatakan Sekretaris Daerah Humbahas, Saul Situmorang. Bahwa sebagai salah satu daerah di kawasan Danau Toba, Humbahas merupakan daerahnya pahlawan nasional Sisingamangaraja ke XII.

Di Humbahas juga banyak ditemukan situs perjuangan Sisingamangaraja. Termasuk situs yang menunjukkan bukti kekerabatan Sisingamangaraja dengan masyarakat Aceh dalam perjuangan melawan penjajah.

“Kami menunggu kehadiran para bikers kembali ke Humbahas, dan kami siap menjadi tuan rumah tahun depan,” papar Saul.

Sebelum melepas bikers melanjutkan perjalanan menyeberang dengan kapal ke Samosir, Pemkab Humbahas menjamu makan para peserta, serta memberikan cendramata berupa ulos.

Editor: Mora