2 tahun lalu |13 April 2016 15:16 |1182 Pembaca

Artis Batak Jembatani Investasi PLTMH di Tapteng

Foto: Tiga artis Batak bersama investor PLTMH dan Bupati Sukran J Tanjung. Ist/ST

TAPTENG, SUARATAPANULI.COM – Artis kenamaan asal tanah Batak, Bunthora Situmorang, Joel Simorangkir dan Willy Silalahi turut menjembatani hadirnya investasi pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMH) di Tapanuli Tengah (Tapteng). Rombongan artis itu mempertemukan bos  PT Pesaka Loka Kirana Ramses Harianja dengan Bupati Tapteng Sukran J Tanjung di VIP Bandara Dr FL Tobing Pinangsori, Selasa (12/4) kemarin.

“Sekarang Indonesia kekurangan listrik sebesar 35.000 MW. Pemerintah pusat pun berusaha agar pasokan listrik dapat teratasi. Walaupun di Tapteng terdapat berbagai pembangkit energi listrik, seperti PLTA Sipansihaporas, PLTU Labuhan Angin , PLTMH Sitahuis dan tenaga surya di beberapa daerah terpencil. Tapi itu belum bisa memenuhi pasokan untuk seluruh Tapteng. Maka kehadiran investor ini sangat kita apresiasi. Apalagi ada 9 lokasi di Tapteng yang sangat potensial untuk dibangun PLTMH,” kata Bupati.

Tim PT Pesaka Loka Kirana dan pihak Dinas Pertambangan Tapteng kemudian meninjau lokasi rencana pembangunan PLTMH tersebut di Kecamatan Sitahuis.

Menyambungnya, Ramses Harianja mengungkapkan  penjajakan rencana investasi dan pengembangan energi baru terbarukan itu. Sesuai informasi dari Dinas Pertambangan Tapteng, ada  9 lokasi yang potensial untuk dikelola.

“Kami ingin berkontribusi di Tapteng dengan kapasitas  sekitar 10 MW. Itu nanti dapat masuk ke wilayah pedesaan. PLTMH ini pun sangat bermanfaat bagi kelestarian hutan, karena dibutuhkan debit air di hulu yang harus tetap dilestarikan,” kata Ramses. (rel)

Editor: Mora