2 tahun lalu |13 April 2016 18:36 |1098 Pembaca

120 Petugas Sensus Ekonomi Humbahas Dilatih

Foto: Kepala BPS Humbahas Ir Ester Sitorus. Oka/ST

DOLOKSANGGUL, SUARATAPANULI.COM – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Humbahas melatih 120 petugas Sensus Ekonomi Tahun 2016. Diharapkan, mereka mampu menguasai tehnik kuisioner dan wawancara saat bertugas di lapangan.

Kepala BPS Humbahas Ir Ester Sitorus mengatakan, para petugas sensus ini adalah ujung tombak penyelenggara. Karena itu pelatihan menjadi sangat penting. Ester menjelaskan, para petugas yang dilatih itu adalah hasil rekrutmen yang dilakukan sebulan lalu. Mereka dibagi tugas sebagai PCL (petugas pencacah lapangan) dan PWL (petugas pengawas lapangan).

“Dengan mendapatkan pelatihan intensif selama dua hari efektif, mereka bisa menguasai kuisioner dan wawancara. Jika hasil pendataan lebih tepat dan akurat, maka akan menghasilkan data yang baik juga,” ungkap Ester kepada wartawan, Rabu (13/4).

Dalam pelatihan, petugas dibekali tata cara mencatat materi dan wawancara kepada rumahtangga dan pelaku usaha saat sensus yang dilaksanakan 1-31 Mei 2016 nanti. Sebagai ujung tombak pendataan, petugasnya tidak boleh main-main terkait data yang dikumpulkannya.

“Mereka juga akan diuji praktek dengan responden yang sebenarnya. Data yang dicatat haruslah yang benar-benar berasal dari responden. Makanya mereka dilatih secara efektif bagaimana pengisian data, dan pelatihan non teknis, termasuk etika berkomunikasi dan hal terkait lainnya,” tukas Ester.

Sensus Ekonomi sendiri, sambung Ester, adalah untuk mendapatkan data kegiatan perekonomian masyarakat, terkecuali bidang pertanian, sebagai dasar dalam penyusunan kebijakan, perencanaan, dan evaluasi pembangunan oleh pemerintah. Diharapkan pelaksanaan sensus dapat berjalan lancar, dan pelaku usaha yang disensus dapat bekerjasama dengan baik.

Editor: Mora