2 tahun lalu |13 April 2016 19:11 |1540 Pembaca

Bidan dan Dokter PTT Pusat Berpeluang Jadi PNS Daerah

Ilustrasi

HUMBAHAS, SUARATAPANULI.COM – Kepala BKD Humbahas Makden Sihombing menyampaikan bahwa berdasarkan surat Kemenkes RI, akan ada pengangkatan bidan dan dokter PTT pusat menjadi PNS Daerah tahun ini. Peluang itu terbuka berdasarkan nota kesepahaman (MoU) antara Pemkab Humbahas dengan Kemenkes RI yang telah ditandatangani pada 30 Maret 2016 lalu.

Meski demikian, kata Makden, pengangkatan itu tetap mengacu kepada Sistem Informasi Pegawai (Simpeg) secara online. Sesuai data base, di Humbahas ada 128 orang bidan PTT pusat, ditambah 1 dokter umum. Sementara dokter gigi nihil.

Pihak Dinkes Humbahas sendiri sudah menerima surat terkait teknis pengangkatan bidan, dokter gigi dan umum PTT (pegawai tidak tetap) tanggungan pemerintah pusat untuk diangkat menjadi PNS daerah.

“MoU itu sudah ditandatangani pada tanggal 30 Maret 2016 yang lalu,” tutur Makden kepada wartawan, kemarin.

Senada diungkapkan Sekdinkes Humbahas Elson Sihotang yang dihubungi wartawan secara terpisah. Elson membenarkan rencana pengangkatan bidan dan dokter PTT ini menjadi PNS daerah. Pengangkatan PTT menjadi PNS adalah moratorium kebijakan kesehatan kepada Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

Ditambahkannya, moratorium itu disusul dengan dibuatnya memorandum of understanding (MoU) tentang pengadaan CPNS di lingkungan pemerintah daerah melalui pengangkatan dari PTT, antara Sekjen Kemenkes RI dengan pemerintah daerah di Jakarta pada 30 Maret lalu.

Elson menguraikan, sesuai dengan MoU ujian seleksi CPNS dari PTT itu akan dilaksanakan Juli 2016 mendatang di masing-masing provinsi. “Seleksi nanti akan dilakukan dengan sistim computer assisted test (CAT). Namun penilaian tidak passing, melainkan berdasarkan ranking,” jelasnya.

Editor: Mora