2 tahun lalu |13 April 2016 19:49 |1659 Pembaca

Anak Harimau Korban Perangkap Rusa Dirawat di Yayasan Bodhi Citta

Foto: Petugas saat mengevakuasi anak harimau Sumatera yang masuk perangkap rusa di hutan Manggu Aek Surang, Batu Pulut, Batang Onang, Paluta, Sumut, kemarin. DD/ST

PALUTA, SUARATAPANULI.COM – Seekor anak harimau Sumatera yang kemarin kedapatan masuk lubang perangkap rusa yang dibuat warga di kawasan hutan Manggu Aek Surang, Desa Batu Pulut, Kecamatan Batang Onang, Padang Lawas Utara (Paluta), Sumut, kini dirawat di Yayasan Bodhi Citta.

Drh Zeen, dokter hewan dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Suaka Marga Satwa Barumun II mengatakan, saat dievakuasi, anak harimau itu dalam keadaan dehidrasi. Anak harimau yang berusia sekitar 12 bulan itu juga mengalami stres akibat keluar dari habitatnya.

Foto: Anak harimau Sumatera yang masuk lubang perangkap rusa saat dievakuasi. DD/ST Foto: Anak harimau Sumatera yang masuk lubang perangkap rusa saat dievakuasi. DD/ST

Untuk sementara, anak harimau berjenis kelamin betina itu dirawat di Yayasan Bodhi Citta. Dia diberi pengobatan sebelum dilepas kembali ke habitatnya.

“Anak harimau itu diselamatkan dari dalam lubang perangkap rusa yang dibuat warga. Sekarang masih dalam tahap perawatan intensif,” kata Ketua Yayasan Bodhi Citta, Hendri.

Sebelumnya, pihaknya bersama petugas BKSDA Suaka Marga Satwa Barumun II turun ke lokasi untuk mengevakuasi anak harimau malang itu. Satwa liar dilindungi itu masuk ke lubang perangkap rusa liar. Setelah mengetahui bahwa korban perangkap bukan hewan yang diinginkan, warga meminta bantuan pihak BKSDA Suaka Marga Satwa Barumun II untuk mengevakuasinya.

Editor: Mora