2 tahun lalu |14 April 2016 17:25 |1548 Pembaca

Kios Pasar Sibolga Akan Direnovasi

Foto: Suasana jual beli di Pasar Sibolga Nauli sekarang, dimana Juli nanti 171 kios yang terbakar tahun lalu akan direhab. Harmen/ST

SIBOLGA, SUARATAPANULI.COM – Juli nanti,  171 unit kios di Pasar Nauli Sibolga akan direnovasi. Anggarannya direncanakan sebesar Rp7,5 miliar.

“Saat ini kami sedang melakukan penyusunan RAB-nya. Anggarannya berasal dari APBN sebesar Rp7,5 miliar, melalui Kementerian Perindustrian dan Perdagangan RI. Sedangkan untuk pengerjaannya direncanakan Juli mendatang,” ungkap Kepala Disperindagkop Ir Robinhod Panjaitan kepada SuaraTapanuli usai meninjau pasar itu, Kamis (14/4).

Dikatakannya, renovasi itu dilakukan karena sejumlah kios, khususnya di blok B, telah ludes dilalap si jago merah saat bencana kebakaran tahun lalu. Akibatnya, kios tersebut tidak dapat dipergunakan lagi, dan pedagang terpaksa berjualan sementara di luar pasar.

Selain itu, Pemko Sibolga juga merencanakan pemasangan kanopi di sekitar pelataran pasar sepanjang 200 meter, guna menghindari tenda-tenda pedagang yang terlihat kumuh. Robinhod mengakui, saat ini kondisi pasar kebanggaan warga Sibolga itu memang kumuh.

“Diperkirakan ada sebanyak 171 kios yang akan direnovasi, kemudian beberapa titik yang dianggap tidak aman, dan ditambah dengan pemasangan kanopi. Harapan kita agar pasar ini terlihat rapi dan bersih,” ujarnya seraya menambahkan pengerjaan renovasi itu akan memakan waktu tiga bulan lamanya.

Diharapkan dengan direhabnya pasar, maka mampu meningkatkan PAD bagi pemerintah daerah. “Ini juga bagian dari visi misi Pemko Sibolga, menjadikan masyarakat yang maju dan berdaya saing. Ya kami targetkan PAD meningkat dari pasar ini,” pungkasnya.

Editor: Raymon