2 tahun lalu |14 April 2016 19:50 |1077 Pembaca

Kades di Humbahas Butuh Bimtek Tambahan Soal Dana Desa

HUMBAHAS, SUARATAPANULI.COM – Kabag Pemerintahan Desa Humbahas, Ratna F Marbun mengatakan seluruh kepala desa (kades) di kabupaten itu belum tahu tata cara pengelolaan keuangan desa, seperti bantuan dari APBN dan bantuan APBD.

Pasalnya, untuk laporan pertanggungjawaban dana desa tahun 2015 masih banyak yang dinilai tidak sesuai ketentuan. Ratna mengakui bahwa tahun lalu penyelenggaraan pemerintahan desa termasuk penggunaan dana desa (DD) masih ditemui sejumlah permasalahan dalam laporan pertanggungjawababnya.

“Kami sudah terima sebagian laporan pertanggungjawaban kepala desa tentang dana desa tahun 2015 lalu. Sebagian besar masih tidak memenuhi syarat ketentuan yang berlaku setelah kita periksa,” ucapnya.

“Karena pertanggujawaban dana itu dibebankan kepada kades, sehingga para kades menurut kami masih butuh tambahan bimbingan teknis (bimtek) lagi,” tuturnya lagi.

Minimnya ilmu yang dimiliki para kades soal pemanfaatan keuangan desa tersebut, kata Ratna, membuat pihaknya sedikit repot membantu memperbaiki laporan pertanggungjawaban masing-masing desa.

“Jadinya, setelah kita periksa masih banyak kekurangan, kita sebagai fasilitator terpaksa harus membantu para kepala desa agar memperbaiki laporan pertanggungjawaban yang masuk ke kita. Ini kan butuh tambahan kerja jadinya,” paparnya.

Dia menjelaskan, bahwa pihaknya sudah beberapa kali membuat bimtek tentang dana desa dimaksud terhadap para keades di daerah itu. Namun, hasil bimtek tersebut sesuai hasil laporan pertanggunjawaban belum memenuhi harapan.

“Maunya saat bimtek kemarin kalau ada yang belum paham langsung mengaku. Beginilah hasilnya, laporan pertanggungjawaban sebagian besar bersalahan,” ungkap Ratna.

Namun, saat ditanya apakah pihaknya menerima imbalan saat turut serta membantu para kades untuk memperbaiki laporan pertanggungjawaban tersebut, Ratna membantah.

“Wah, itu tidak benar. Silahkan beritahukan siapa kepala desa yang memberikan imbalan itu kepada kami atau staf saya. Itu fitnah,” tandasnya.

Sekedar untuk diketahui Pemkab Humbahas tahun 2016 ini menerima kucuran dana desa sebesar Rp92.610.146.000 dari pemerintah pusat untuk pembangunan infrastruktur di 153 desa. Kucuran dana itu meningkat dibandingkan dengan total yang dikucurkan tahun 2015, sebesar Rp41,28 miliar.

Editor: Mora