2 tahun lalu |15 April 2016 23:33 |1239 Pembaca

Kementrian PU Pera Kucurkan Rp25 M Bangun Dyk Aek Sigeaon

Foto: Sungai Aek Sigeaon di kawasan Komplek Mesjid, Tarutung, Taput. Buea/ST

TAPUT, SUARATAPANULI.COM – Pemerintah pusat melalui Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU Pera) kembali mengucurkan dana untuk perbaikan dyk Sungai Aek Sigeaon, Tarutung, Taput. Rp25 miliar dana dikucurkan tahun ini guna mengantisipasi dan mencegah bahaya erosi dan banjir.

Saat disambangi awak media, Jumat (15/4), Candra Lubis, staf PT Karya Indah Jaya mengatakan pembangunan dyk atau perkuatan dinding sungai mencapai  seribu meter dengan dua titik.‬ Titik pertama sepanjang 900 meter terletak Komplek Mesjid, Kelurahan Hutatoruan X, Tarutung. Ttik kedua yakni  sepanjang 100 meter yang terletak di Jalan Sipoholon-Balige tepatnya di depan Kantor Dinas PU Taput.

Diterangkan Lubis, proyek yang bersumber dari Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Balai Sungai Sumatera II itu dibangun dengan menggunakan sheet pile baja sepanjang 900 meter dan bronjong sepanjang 100 meter.‬

Gihon, warga sekitar menyambut baik pembangunan perbaikan dyk yang berada di kompleks pemukiman mereka. Diceritakannya bila musim hujan tiba, daerah mereka yang memang berada di pinggiran sungai sangat rawan banjir akibat luapan sungai.‬ Selain menggenangi rumah-rumah warga, luapan air juga merusak tanaman warga seperti cabai dan kacang tanah.‬

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Taput Anggiat Rajagukguk menjelaskan bahwa tembok tanggul Aek Sigeon sudah banyak yang rubuh.‬ “Bangunan lama tersebut sudah rusak parah makanya pembangunan tersebut sangat dibutuhkan warga, untuk mengantisipasi erosi dan banjir,” ungkap Anggiat.

Editor: Mora