2 tahun lalu |15 April 2016 23:48 |959 Pembaca

Awas Gelombang Tinggi di Pantai Barat

PADANGSIDIMPUAN, SUARATAPANULI.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau kepada warga yang berada di perairan pantai barat Sumut, khususnya bagi para nelayan untuk berhati-hati saat melakukan kegiatannya di laut. Sebab diperkirakan gelombang tinggi akan melanda beberapa hari ke depan.

Peringatan itu disampaikan Kepala Bidang Pelayanan Data dan Informasi BMKG Wilayah I Medan, Sunardi SKom, di Kota Padangsidimpuan, Jumat (15/4). Diterangkannya, kondisi perairan laut di wilayah pantai barat Sumut, terutama di daerah Madina, Sibolga dan Nias sedang mengalami gelombang dengan ketinggian mencapai 3-4 meter.

“Tinggi gelombang seperti itu sangat berbahaya. Terutama di perairan Madina, Sibolga dan Nias,” terangnya.

Tingginya gelombang juga disertai dengan kecepatan angin mulai dari 4-15 knot. “Untuk itu kami mengimbau kepada nelayan pengguna kapal kecil atau tradisional yang melakukan aktifitas di perairan tersebut agar berhati-hati,” imbaunya.

Sedangkan untuk prakiraan cuaca, Sunardi menjelaskan, di wilayah Tabagsel yang meliputi Padangsidimpuan, Tapanuli Selatan, Paluta, Palas dan Madina, secara umum akan mengalami hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. “Cuaca secara umum hujan ringan hingga sedang dan terjadi pada sore serta malam hari,” sebutnya.

Kondisi cuaca tersebut juga akan dialami warga yang berada di daerah pegunungan serta perairan yang berada di wilayah Tabagsel. “Untuk wilayah pantai barat dan daerah pegunungan di Tabagsel juga akan mengalami kondisi cuaca yang sama,” tungkasnya.

Editor: Mora