2 tahun lalu |16 April 2016 16:44 |866 Pembaca

Jalinsum Sarudik-Psp Ditambal Sulam Melulu

Foto: Para pekerja saat bekerja menambal sulam Jalinsum Sarudik-Psp, di Tapteng. Harmen/ST

TAPTENG, SUARATAPANULI.COM – Kondisi Jalinsum mulai dari Kecamatan Sarudik, Tapanuli Tengah sampai ke perbatasan Batangtoru, Tapanuli Selatan, kondisinya memprihatinkan. Warga berharap agar jalan nasional tersebut benar-benar diaspal atau dihotmix demi keselamatan para pengguna jalan. Namun pihak PPK 12 selaku penanggungjawab hanya melakukan tambal sulam.

Hasil amatan di beberapa lokasi, Sabtu (16/4), para pekerja tampak menambal beberapa titik jalan yang rusak, dengan menggunakan alat seadanya. Dan kegiatan tambal sulam ini hampir tiap tahun dilakukan, karena hasilnya tidak maksimal dan cepat rusak.

Hal itulah yang membuat para pengguna jalan mengaku kecewa dengan perbaikan ala tambal sulam tersebut. Seharusnya jika melihat kerusakan jalan, tidak layak hanya ditambal sulam lagi melainkan dihotmix. Anehnya pula penambalan baru kembali menambal tambalan lama.

“Kita kecewa dengan pihak PPK 12 yang menangani jalan nasional ini, karena perhatian dan tanggungjawab mereka tidak jelas. Padahal ada dana perawatan jalan ini, namun harus dibiarkan rusak dan mengancam keselamatan warga. Kami meminta perhatian pemerintah pusat akan kerusakan jalan ini, karena selama ini hanya upaya tambal sulam yang dilakukan. Dan hasilnya pun asal-asalan, karena hanya bertahan beberapa bulan,” keluh J Gultom, warga Kecamatan Pandan, Tapteng.

Parahnya lagi lanjutnya, ruas jalan yang sudah ditambal sulam beberapa waktu lalu sudah rusak lagi. Sementara itu para pekerja mengaku, mereka hanya menjalankan tugas saja. Terkait adanya keberatan dan keluhan agar disampaikan ke bos mereka.

Adapun beberapa titik jalan yang ditambal sulam diantaranya di Sarudik, Pandan, Hajoran. Sementara badan jalan yang rusak di sepanjang Kecamatan Sarudik sampai perbatasan Tapsel cukup banyak, dan hanya beberapa daerah saja yang ditambal sulam.

Editor: Raymon