2 tahun lalu |17 April 2016 15:17 |758 Pembaca

Rambing Londut Sibatubatu Menunggu Korban

Foto: Rambing Londut Sibatubatu Lama yang butuh perbaikan. Oka/ST

HUMBAHAS, SUARATAPANULI.COM – Rambing atau jembatan gantung ke di Londut, Desa Sibatubatu Lama, Kecamatan Pollung, Humbahas butuh perbaikan lantaran sudah rusak berat dimakan usia.

Kondisi lantai papan dan broti rambing sudah lapuk dan beberapa sudah terlepas dan patah. Selain itu, besi penyangga jembatan sudah rapuh, juga tali slingdi sisi kiri dan kanan rambing sudah copot dimakan karat. Bahkan papan badan rambing hanya tinggal dua lembar saja.

Dikhawatirkan, rambing di atas Sungai Aek Silang berarus deras rawan memakan korban dari warga yang melintasi.

Menurut warga sekitar, rambing itu sudah berusia puluhan tahun, sehingga perlu perbaikan. “Rambing ini satu-satunya akses penyebarangan menuju persawahan warga di kawasan pinggiran sungai. Dulu rambing ini merupakan jembatan penyeberangan warga menuju Desa Simangaronsang dan sejumlah desa lain. Tetapi karena kondisinya sudah tidak kuat, kami warga pun harus keliling melalui Dolok Nabolon jika mau ke Simangaronsang,” ujar H Lumbangaol, kemarin.

Dia juga menjelaskan kalau selama ini perbaikan rambing itu dilakukan secara bergotongroyong dengan menggunakan dana desa. “Dulu sebelum daerah ini belum mekar dari Desa Pollung, pembangunan rambing ini selalu menggunakan dana desa. Tetapi sekarang tidak pernah lagi. Kita juga tidak tahu dana desa sekarang dikemanakan penggunaannya, sebab sebagai warga dan pemilik tanah Sibatubatu, kita tidak pernah diberitahu jika ada rapat rapat soal pembangunan desa,” ucapnya.

Editor: Mora