2 tahun lalu |18 April 2016 12:54 |2116 Pembaca

Ombak Sibolga Surganya Belajar Surfing

Foto: Para surfers saat menunggangi ombak di Pantai Pelabuhan Lama Sibolga. Istimewa/ST

SIBOLGA, SUARATAPANULI.COM – Bagi Anda yang ingin belajar surfing (berselancar), bisa mencobanya di Pantai Pelabuhan Lama Sibolga. Terumbu karang di dasar, serta kekuatan arusnya sangat aman.

“Ukuran ombak di Pelabuhan Lama ini cocok bagi pemula yang ingin belajar surfing,” kata Ketua Bi-RHu Surf Community Ridho R Hutabarat, baru-baru ini. Nama komunitas ini sebelumnya Old Port Surf Club (OPSC), diadopsi dari nama pantai di Teluk Tapian Nauli itu, Old Port atau Pelabuhan Lama. Dibentuk oleh Ridho dkk yang biasa main di pantai itu.

Foto: Serunya surfing di perairan Pelabuhan Lama Sibolga. Istimewa/ST Foto: Serunya surfing di perairan Pelabuhan Lama Sibolga. Istimewa/ST

Ridho menambahkan, berselancar tak harus dengan ombak yang besar. Dan akan sulit bagi surfer pemula untuk berlatih dengan karakteristik ombak yang besar. Perairan pantai barat Sumatera Utara sendiri pernah dilakukan survei, dimana hasilnya menyatakan bahwa Pantai Pelabuhan Lama memiliki rasio ombak yang tepat bagi pemula.

“Ombak di sini tentunya tidak setinggi yang ada di beberapa spot surfing di Indonesia, seperti di Kepulauan Nias, Mentawai, Bali atau Pulau Jawa. Tapi sebenarnya Pelabuhan Lama ini sangat potensial untuk dikembangkan sebagai salah satu spot surfing bagi pemula,” tandasnya.

Foto: Ridho Hutabarat menaklukkan ombak Pelabuhan Lama Sibolga. Istimewa/ST Foto: Ridho Hutabarat menaklukkan ombak Pelabuhan Lama Sibolga. Istimewa/ST

Ridho menyebutkan, waktu yang tepat untuk belajar olahraga menunggangi ombak itu adalah pada bulan April hingga Juli. Pada periode itu kecepatan angin dan arus air di Pelabuhan Lama menciptakan ombak sesuai yang diharapkan.

“Walaupun setiap harinya bisa saja datang kalau mau belajar berselancar di sini. Hanya saja biasanya pada April hingga Juli cuacanya lebih mendukung,” timpal Ridho.

Foto: Surfing di Pantai Pelabuhan Lama Sibolga sambil menikmati panorama bahari. Istimewa/ST Foto: Surfing di Pantai Pelabuhan Lama Sibolga sambil menikmati panorama bahari. Istimewa/ST

Ridho dkk berharap masyarakat dan Pemko Sibolga hendaknya lebih memperhatikan kebersihan laut. Karena laut Pelabuhan Lama sering digunakan masyarakat untuk aktivitas olahraga air. ‘Selain itu dibutuhkan perhatian besar dari pemko untuk mengembangkan potensi wisata di kawasan ini. Kami dari komunitas selancar dengan senang hati membantu pemerintah demi kesejahteraan masyarakat Sibolga,” pungkasnya.

Editor: Raymon