2 tahun lalu |18 April 2016 15:00 |1369 Pembaca

Duh, Semrawutnya Kawasan Pasar Ikan Sibolga

Foto: Semrawutnya arus lalulintas di kawasan Pasar Ikan Sibolga di Jalan Balam, Senin (18/4). IST/ST

SIBOLGA, SUARATAPANULI.COM – Sejumlah pengendara yang melintasi Pasar Ikan Sibolga di Jalan Balam mengeluhkan kondisi kawasan itu yang kerap macet, kotor dan semrawut, Senin (18/4). Kondisi itu kian bertambah parah belakangan ini.

“Dulu tidak seperti itu. Sekarang tambah semrawut, macet, bau dan kotor. Padahal pasar ini adalah pusat jual beli ikan di Sibolga yang paling banyak diminati orang,” kata Anto (43), sopir angkot yang sering melintasi area pasar‬ itu.

Menurut pria yang sejak kecil berada di kawasan itu, penyebab becek dan baunya kawasan pasar ikan itu karena pedagang yang berjualan di badan jalan. Air yang tumpah dari tempat penyimpanan ikan merusak badan jalan. “Mau hujan atau enggak, tetap saja jalan ini becek,” ujarnya.‬

Selain itu, menumpuknya pedagang di badan jalan kerap membuat macet pada jam-jam tertentu. “Kalau di sini macet yang parah itu mulai pagi jam 7 sampai sore jam 5. Kadang pengendara sepedamotor juga berhenti sembarangan di jalan, makanya jadi menambah macet,” kata Anto.‬

Pantauan SuaraTapanuli, aroma tak sedap langsung menyengat hidung ketika melintasi kawasan ini. Selain itu, kondisi jalan yang becek membuat para pengendara memperlambat laju kendaraan. Sehingga, arus lalu lintas tersendat. Parahnya, kendaraan pasti terkena kotornya air buangan yang menggenangi jalan. Genangan air dan lumpur di badan jalan bahkan sudah tampak menghitam.

Editor: Mora