2 tahun lalu |18 April 2016 19:09 |1345 Pembaca

Pembangunan Jalan Lepaskan Cap Terisolir Angkola Sangkunur

Foto: Proses pembangunan jalan di Kecamatan Angkola Sangkunur, Tapsel. DD/ST

TAPSEL, SUARATAPANULI.COM – Kecamatan Angkola Sangkunur, Tapanuli Selatan (Tapsel) akan segera lepas dari cap kawasan terisolir. Sebab banyak pembenahan yang telah dan akan dilakukan pemerintah daerah di kecamatan itu, terutama pembangunan jalan akses transportasi umum.

“Kami yakin, tiga tahun ke depan daerah kami ini akan lebih maju dan berkembang lagi. Dan orang-orang (luar daerah,red) pasti akan lebih banyak lagi datang ke sini,” ungkap T Sitompul (40) warga Rianiete, kecamatan setempat, saat ditanya pendapatnya tentang kondisi daerahnya, kemarin.

Dikatakannya, banyak potensi dari daerahnya yang layak jual dan tidak kalah dengan daerah lainnya. Seperti potensi wisata Danau Siais, pertanian, hingga industri rumahtangga yang sudah ada sedari dulu. Namun, karena akses jalan yang menjadi kendala, membuat banyak warga luar yang enggan berkunjung ke wilayah tersebut.

“Untuk potensi wisata kami punya Danau Siais. Meski belum digarap secara maksimal, tapi kami yakin ke depannya akan menjadi lokasi wisata yang ‘wajib’ dikunjungi jika datang kemari,” ujarnya optimis.

Ia dan warga lainnya merasa senang dengan adanya proyek pembangunan jalan. Sebab itu yang selama ini dinanti warga sekitar tepi danau itu. “Yang kami tahu ini jalan nasional. Karena nantinya, jalan ini akan menghubungkan antara dua kabupaten yang ada di Tabagsel yaitu antara Tapsel dan Madina,” terangnya.

Hal yang sama juga diakui Kapolsek Batang Angkola AKP Rahmad Affandi. Ia mengaku sangat senang dengan adanya pembangunan jalan tersebut. Apalagi secara otomatis, wilayah Angkola Sangkunur yang masuk ke wilayah hukumnya, dapat memudahkan pihaknya untuk menjalankan tugas mereka menjaga kamtibmas.

“Benar itu, saya secara pribadi senang dan gembira. Selama ini akses ke sana (Angkola Sangkunur hingga perbatasan Madina jalur pantai barat,red) sangat susah dilalui dengan kendaraan biasa,” sebutnya.

“Mudahan dapat berguna bagi semuanya, khususnya masyarakat yang ada,” timpalnya.

Sementara itu Camat Angkola Sangkunur M Zein Ritonga mengatakan, dengan adanya proyek multi years pembangunan jalan yang memakan waktu hingga 3 tahun ke depan itu, akan sangat bermanfaat bagi masyarakat setempat. Bukan hanya masalah sosial saja, terlebih untuk meningkatkan ekonomi guna kesejahteraan masyarakat.

“Kami akan bekerja keras untuk menciptakan Tapsel yang sejahtera ke depan, ini juga berkat kerja keras semua pihak terutama Bapak Bupati. Bukan hanya akses jalan, potensi wisata serta sektor pertanian dan perkebunan juga akan lebih maju lagi ke depannya. Amin,” pungkas Camat.

Editor: Mora