2 tahun lalu |19 April 2016 09:27 |2292 Pembaca

Proyek Jalan di Angkola Sangkunur Berdana Rp300 Miliar

Foto: Proyek jalan nasional Tapsel-Madina di Angkola Sangkunur yang berbiaya sekitar Rp300 miliar. DD/ST

TAPSEL, SUARATAPANULI.COM – Pembangunan jalan nasional penghubung Tapanuli Selatan (Tapsel)-Mandailing Natal (Madina), tepatnya di Kecamatan Angkola Sangkunur, akan mendongkrak laju pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat. Proyek itu berbiaya sekitar Rp300 miliar dari APBN, dengan sistim tahun jamak selama 3 tahun.

Camat Angkola Sangkunur, Tapsel, M Zein Ritonga menyebutkan, pembangunan jalan mulai dari jembatan sungai Angkola Sangkunur hingga ke Aek Rambe (batas Madina). Proyek jalan yang sudah berjalan 3 bulan itu akan berlangsung selama 3 tahun ke depan, atau secara multi years (tahun jamak).

“Panjangnya 42 kilometer, mulai dari titik nol di jembatan Angkola Sangkunur hingga ke perbatasan Tapsel dan pantai barat Madina,” jelas Camat saat ditemui di lokasi proyek di Dusun Bahung, Kelurahan Rianiate, kemarin.

Dongkrak Perkembangan Wilayah

Camat menambahkan, proyek jalan ini diakui berdampak positif bagi masyarakat, baik pada bidang ekonomi maupun peluang kerja. Misalnya warga sekitar yang kini punya pekerjaan alternatif memecahkan bebatuan yang ditemukan saat pengerukan dan pelebaran jalan, serta berkah lainnya.

Zein juga yakin Angkola Sangkunur akan berkembang pesat. Salah satunya objek wisata potensial Danau Siais yang merupakan landmark di wilayahnya itu, akan dilirik investor.

Masyarakat setempat pun mengaku bangga dan menyambut gembira pembangunan jalan yang telah lama mereka dambakan. Menurut mereka, pembangunan jalan akan mempermudah akses transportasi umum yang otomatis mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Kami bersyukur atas pembangunan jalan ini, selain daerah kami nanti akan lebih maju, warga juga banyak yang mendapat peluang pekerjaan,” ungkap K Sitompul warga sekitar.

Editor: Harmen