2 tahun lalu |22 Maret 2016 12:42 |2640 Pembaca

PERDANA, GARUDA LANDING MULUS DI SILANGIT

Pesawat Garuda Indonesia jenis CRJ 1000 yang mendarat mulus di Bandara Silangit, Taput.

TAPUT, SUARATAPANULI.COM – Penerbangan perdana pesawat Garuda Indonesia jenis CRJ 1000 dari Jakarta ke Bandara Silangit, Taput, berjalan mulus, Selasa (22/3). Pesawat terbang dari Bandara Soekarno Hatta pukul 09.00 WIB dan tiba di Silangit pukul 11.40 WIB.

Penerbangan ini membawa 55 orang penumpang, di antaranya Gubernur Sumut HT Erry Nuradi, Anggota DPR RI Anthon Sihombing, Direktur Niaga PT Garuda Indonesia Handayani, Presiden Direktur Angkasa Pura (AP) II Budi Karya, tokoh masyarakat Sumut DR RE Nainggolan, mewakili Menteri Pariwisata BP Hiramsyah Sambudy, mewakili Menteri Perhubungan Maryati Karma dan mewakili Menteri BUMN BP M Khoerun Roziqin.

Seluruh penumpang disambut oleh Bupati Taput Drs Nikson Nababan, Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor SE, Bupati Tobasa Ir Darwin Siagian dan Bupati Samosir Rapidin Simbolon, bersama para tokoh masyarakat dengan sajian Tortor Batak dan penyematan souvenir ulos kepada seluruh rombongan.

Bupati Taput Drs Nikson Nababan menyampaikan terimakasih atas dukungan dan penerbangan perdana Garuda Indonesia dimulainya rute Jakarta–Silangit dan Silangit–Jakarta tiga kali seminggu. Bupati mengatakan, prospek Bandara Silangit sangat menjanjikan sekaligus untuk pengembangan pariwisata Danau Toba dengan pencangan Badan Otorita Danau Toba oleh Presiden RI.

“Bandara Silangit menjadi pusat pengembangan sektor wisata Danau Toba. Kabupaten di kawasan Danau Toba sudah siap mendukung pengembangan wisata dengan capaian satu juta wisman mancanegara. Kami sudah siap mendukung pengembangan wisata ‘Manaco Of Asia’, ujar Nikson.

Sementara itu Gubernur Sumut HT Erry Nuradi mengatakan Pemprovsu sangat mendukung pengembangan bandara Silangit dengan pembangunan jalan Provinsi Simpang Silangit–Bandara. Jalan Nasional oleh pemerintah pusat. Semuanya akan dibenahi. “Saya harap MoU pemerintah kabupaten di kawasan Danau Toba dengan PT Garuda Indonesia segera terealisasi, ini perintah dari Gubsu,” ujar HT Erry Nuradi.

Direktur Niaga Garuda Indonesia Handayani mengatakan, saat ini pihaknya mengopersasikan jenis pesawat Bombardier dengan kapasitas 96 tempat duduk. Setelah adanya nanti perpanjangan runway serta kapasiti dari airport, akan bergerak dengan Narrow Body yaitu, jenis pesawat Boeing 737-800 atau Airbus a320. Dan bila Airbus a320 telah laik, Citilink-pun bisa terbang di Bandara Silangit.

Editor: Mora