2 tahun lalu |19 April 2016 20:36 |936 Pembaca

Ketua DPRD Humbahas: Ayo Budayakan Donor Darah

Foto: Ketua DPRD Humbahas Manaek Hutasaoit saat mendonorkan darahnya di RSUD Doloksanggul. Oka/ST

HUMBAHAS, SUARATAPANULI.COM – Ketua DPRD Humbahas Manaek Hutasoit mengajak seluruh elemen masyarakat membudayakan donor darah. Selain sebagai upaya membantu pasien yang membutuhkan, donor darah juga bermanfaat bagi kesehatan pendonor.

“Donor darah menurut kami sangat perlu. Banyak manfaatnya, salah satu untuk kesehatan si pendonor, dan sudah membantu seseorang yang membutuhkan darah. Untuk itu kita berharap semua pihak aktif untuk mendonorkan darahnya,” kata Manaek Hutasoit, Selasa (19/4), usai mendonor di RSUD Doloksanggul.

Manaek sendiri mendonorkan darahnya sebanyak 350 cc. orang nomor satu di DPRD Humbahas ini datang didampingi Sekwan Humbahas AP Marbun. “Kalau golongan darah saya O. Mudah-mudahan mereka yang membutuhkan dapat terbantu,” ujarnya.

Menurut politisi Golkar ini, gerakan donor darah harus dijalankan secara masif. Ia juga mengaku prihatin di saat mengetahui kebutuhan darah di RSUD Doloksanggul kian mendesak. “Hampir seluruh golongan darah dibutuhkan. Untuk itu kita menggugah kebiasaan donor darah, bukan hanya keluarga pasien, tapi juga masyarakat umum,” terangnya.

Di kesempatan itu, Manaek juga berbincang dengan Direktur RSUD Doloksanggul, dr Sugito Panjaitan. Dari komunikasi itu, diketahui jika stok darah di RSUD itu terbilang minim jika dibandingkan dengan jumlah pasien yang membutuhkan.

Dr Sugito pun mengakui jumlah pendonor darah di Humbahas masih minim. Dia menyebut kebutuhan darah yang paling sulit diperoleh di daerah itu adalah golongan darah AB. “Warga pendonor darah kita memang masih kurang kalau dibandingkan dengan kebutuhan darah untuk pasien akhir-akhir ini,” ujarnya.

Editor: Mora