2 tahun lalu |23 April 2016 16:23 |1483 Pembaca

12 Fakta Dibalik Film Titanic

Int

POPULARITAS ‘Titanic’ sebagai film drama romantis tragis belum tergeser hingga kini. Sebagai film terlaris kedua sepanjang masa setelah Avatar, ternyata ada sejumlah fakta menarik selama proses penggarapannya. Mulai dari pemilihan pemain hingga cara settingnya.

Sosok aktor tampan Leonardo DiCaprio dan aktris cantik Kate Winslet tentunya adalah magnet tersendiri dari film ini. Saat itu nama kedua bintang ini sedang populer di dunia perfilman Hollywood.

Berikut rangkuman 12 fakta yang harus Anda ketahui tentang film Titanic:

1. Ternyata Leonardo DiCaprio dan Kate Winslet bukanlah calon utama yang diincar untuk memerankan Jack dan Rose. Melainkan Matthew McCanaughey dan Gwyneth Paltrow.

2. Beberapa pemainnya sempat mengalami peneumonia karena tidak memakai wetsuit pada adegan di dalam air, termasuk Kate Winslet.

3. Biaya produksi film ini lebih besar dari biaya konstruksi pembangunan kapal Titanic aslinya. Budget untuk filmnya mencapai 200 juta USD, sedangkan pembuatan kapal Titanic hanya 7,5 juta USD atau setara dengan 120-150 juta USD pada tahun pembuatan film itu.

4. Film pertama yang merilis video meski filmnya masih tayang di bioskop. Upaya promosi itu kebalikan dari kebiasaan yang dilakukan pihak studio pada umumnya.

5. Karakter Rose diceritakan punya peliharaan anjing Pomeranian. Anjing ini adalah jenis yang dapat bertahan dalam situasi bahaya. Keputusan Rose memeliharanya mungkin karena traumanya di masa lalu kehilangan orang yang disayang dalam sebuah bencana.

6. James Horner sempat ditolak oleh James Cameron untuk mengisi soundtacknya. Sebab Cameron awalnya ingin keberadaan Enya. Tapi karena dia sudah terlanjur suka dengan lagu ‘My Heart Will Go On’ oleh Celine Dion, maka ia memilih Horner. Bahkan Cameron sebenarnya tak ingin memasukkan lagu dalam film garapannya.

7. James Cameron merupakan pelukis asli beberapa sketsa yang diadegankan Jack di film itu, khususnya sketsa wajah Rose.

8. Judul awalnya bukan Titanic, melainkan ‘Planet Ice’. Namun kemudian diganti dan disesuaikan dengan nama kapal legendaris itu.

9. Kesalahan dialog Leonardo DiCaprio ternyata berbuah manis. Sebab Cameron malah begitu menyukainya. Pada skenario tertulis ‘lie on that couch’, tapi Leo menyebutkan ‘lie on that bed, uh I mean couch’.

10. Ketinggian air dalam film Titanic dirancang hanya sekitar 1 meter atau 3 feet saja.

11. Sutradara hanya sekali shot saat scene kapal tenggelam, sebab lokasi hancur oleh perabotan yang berantakan.

12. Sukses meraih 11 piala kemenangan dari 15 kategori yang didapat di Oscar 1998. Dan Titanic menjadi satu-satunya film yang berhasil mendulang pendapatan hingga 2,1 miliar USD. (Int/tim)