2 tahun lalu |23 April 2016 17:52 |1093 Pembaca

Pelajar Tapteng Beraksi Selamatkan Bumi dan Air

Foto: Kampanye 'Selamatkan Bumi dan Air' oleh siswa SMP Al Muslimin Pandan, Tapteng, Sabtu (23/4). Dok/ST

TAPTENG, SUARATAPANULI.COM – Sekolah di Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) turut memperingati Hari Bumi 2016 setiap 22 April. Anak-anak bangsa ini turun bergiat membersihkan lingkungan sekitar menunjukkan aksi sederhana untuk menyelamatkan bumi dan air.

Seperti yang dilakukan para siswa SMP Al Muslimin Pandan. Bersama para guru dan warga, mereka long march membersihkan jalan, pasar, pantai, menanam pohon dan outbond, Sabtu-Minggu (23-24/4).

Turut juga memberi pembekalan, Manager Harian Program Tapanuli Yayasan Ekosistem Lestari (YEL) Burhanuddin, Kabid Kominfo Dishubkominfo Tapteng Sonny Juanda Nst, Kabid Pendidikan Dasar Disdik Tapteng Jhonson Sihombing, Kabid Kehutanan Dishutbun Tapteng Asep Ferry Muhammad, dan Kabid Lindup Bapedalda Tapteng Amir Simanjuntak.

Aksi bersih-bersih bertema ‘Bumi dan Air‘  itu dilakukan dengan cara memunguti sampah yang berserakan di tiap lokasi yang dilalui dan dituju. Sambil long march, mereka membentangkan spanduk seruan kepedulian terhadap lingkungan yang asri. Sasarannya sejumlah ruas jalan di Kota Pandan, Pasar Tradisional Pandan, menanam bibit pohon di pekarangan Kantor Bank Sumut Pandan. Kemudian mereka dibawa outbond ke gunung sekitar SMA Negeri 1 Matauli Pandan yang merupakan kawasan hutan kota.

“Melalui semua kegiatan ini, anak-anak diajarkan berbagai pengetahuan tentang pelestarian lingkungan hidup,” ujar Kepala Sekolahnya Siti Nur Aisyah, di sela aksi, Sabtu (23/4).

Para siswa sekolah adiwiyata tersebut diberikan pencerahan bahwa bumi adalah tempat berlangsungnya kehidupan seluruh ciptaan Tuhan. Manusia yang hidup wajib menjaga dan melestarikannya. Sebagai generasi muda, mereka bisa menjadi motor penggerak gerakan cinta lingkungan.

“Hari Bumi adalah kampanye untuk mengajak semua orang untuk peduli lingkungan, demi kelestarian bumi,” tutur Siti.

Editor: Mora