2 tahun lalu |24 April 2016 15:15 |1729 Pembaca

H3 Jakarta Moge & Scooter Touring akan Start dari Tapteng

Foto: Efrinal Sinaga (kiri) bersama Bupati Sukran Tanjung di Bandara Pinangsori, Tapteng. Dok/ST

TAPTENG, SUARATAPANULI.COM – Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumut, dipercaya menjadi tuan rumah start Horas Halak Hita (H3) Jakarta Moge & Scooter Touring, pada 21-22 Mei 2016 nanti. Touring sepanjang 500 km itu akan diikuti oleh 150 motor gede (moge) dan 50 motor scooter.

Pada 21 Mei peserta akan start dari Kota Pandan (Tapteng) menuju Padangsidimpuan-Sipirok-Tarutung-Balige dan istirahat di Parapat. Kemudian pada 22 Mei,  touring dilanjutkan dari Parapat menuju Simalem-Merek-Kabanjahe-Berastagi dan finish di Medan.

Hal itu diungkapkan Ketua Panitia Moge H3 Jakarta Touring, Efrinal Sinaga, saat bertemu Bupati Tapteng Sukran Jamilan Tanjung di Bandara Dr FL Tobing Pinangsori, kemarin. Kunjungan itu merupakan bagian dari tahap persiapan kegiatan.

Efrinal yang merupakan putra asal Sibolga-Tapteng mengatakan, even ini adalah bagian dari program pemerintah menciptakan 10 daerah Bali baru yang salah satunya adalah Danau Toba. Tapteng sendiri akan disinergikan dengan program itu untuk menjadi salah satu destinasi wisatanya.

“Jadi dalam promosi Danau Toba dan kawasan Tapanuli sekitarnya, kami dari H3 yang merupakan perantau asal Tapanuli yang ada di Jakarta, akan mengadakan beberapa kegiatan. Di antaranya pada 14 Mei bermain golf di Jakarta, tanggal 15 Mei mengadakan jalan santai di Jakarta. Lalu pada 21-22 Mei kami akan mengadakan touring sepedamotor sepanjang 500 km, startnya dari Pandan Tapteng sampai finish di Medan,” ucap Efrinal.

Kedatangan peserta dan para tamu direncanakan mulai 20 Mei. Akan ada  malam Well Come Dinner bersama Bupati Tapteng di Pantai Bosur. Malam itu sekaligus temu ramah membicarakan potensi pariwisata, budaya dan ekonomi Tapteng.

“Semoga hasilnya dapat digali sehingga kegiatan ini membawa multi efek untuk kemajuan Tapanuli, khususnya Tapteng,” ungkapnya.‬

‪Efrinal menjelaskan, komunitas H3 merupakan wadah berkumpulnya perantau asal Sumatera Utara yang ada di Jakarta. Dewan pembinanya Jend (Purn) Luhut Binsar Panjaitan (Mekopolhukam) dan Darwin Nasution. Pengarah komunitinya diantaranya Yasonna H Laoly (Menkum HAM), Nelson Tampubolon, Dumoli Pardede, dan Frans Tobing.

“Jadi awak komunitas ini merupakan putra Sumatera Utara dari lintas agama dan profesi yang ingin berbuat untuk Bonapasogit (kampung halaman,red), tanpa menggunakan anggaran negara. Kami berharap dukungan dari masyarakat untuk kesuksesan touring ini,” ucap Efrinal.

Sementara Bupati Sukran Jamilan Tanjung menyampaikan Tapteng siap untuk menjadi tuan rumah. Bupati juga berharap melalui kegiatan ini dapat tercipta sinergitas pariwisata Tapteng dengan Danau Toba. Apalagi saat ini akses transportasi dari Tapteng menuju Danau Toba telah dapat ditempuh baik dengan jalur laut, darat dan udara. Dijelaskannya, Tapteng sudah memiliki Pelabuhan Laut Barus yang memadai. Lalu, Bandara Pinangsori yang telah terkonekni dengan Bandara Silangit Taput pun sudah layak. Kemudian akses jalan lintas darat melalui Sibolga dan Humbahas ke Danau Toba.

“Ini even perdana yang luar biasa gaungnya bagi daerah kita. Maka Tapteng siap menjadi tuan rumah dan memberikan sambutan yang terbaik,” tukas Bupati.

Editor: Raymon