2 tahun lalu |24 April 2016 16:08 |1550 Pembaca

Rao Janji Perjuangkan Honor Guru TK/PAUD Swasta

Foto: Awaluddin Rao bersama para guru TK/PAUD swasta saat kegiatan jalan santai di Pantai Bosur, Pandan, Tapteng, kemarin. Fredes/ST

TAPTENG, SUARATAPANULI.COM – Wakil Ketua DPRD Tapanuli Tengah (Tapteng) Awaluddin Rao bertekad memperjuangkan peningkatan kesejahteraan guru TK/PAUD swasta di daerah itu. Salah satunya dengan memasukkan anggaran bantuan dari pemerintah daerah melalui APBD.

Hal itu diutarakan Rao di sela Jalan Santai Peringatan Hari Kartini bersama Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) Tapteng di Pantai Bosur, Pandan, Sabtu (23/4).

Menurut Rao sudah saatnya guru honorer pengajar TK/PAUD swasta mendapat perhatian pemerintah. Setidaknya untuk kesejahteraan dan status mereka. Sebab beban tugas mereka tak jauh beda dengan guru PTT (pegawai tidak tetap) dan PNS (pegawai negeri sipil).

Selama ini, sambung Rao, mereka digaji sesuai kemampuan TK/PAUD-nya masing-masing, dan tidak mendapatkan bantuan atau tunjangan apa pun dari pemerintah daerah.

“Saya sangat terharu kepada guru TK/PAUD swasta. Saya tahu bagaimana mereka bekerja tanpa mendapatkan honor yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Saya sudah mendengar aspirasi mereka, itu patut diperjuangkan karena peran mereka sangat besar bagi pendidikan generasi bangsa. Saya akan memperjuangkan agar mereka ditanggung di APBD,” ucap Rao.

Menurut Rao, wajar saja kalau para guru honor ini banyak yang harus pontang-panting mengajar di banyak sekolah demi memenuhi kebutuhan hidup keluarganya. Padahal dengan begitu konsentrasi mengajar mereka bisa terganggu. Dia akan mengupayakan kenaikan honor yang saat ini hanya Rp100 ribu per bulan menjadi Rp400 ribu.

“Saya telah berkali-kali mengusulkan agar guru TK/PAUD swasta mendapatkan honor Rp400 ribu per bulan. Itu bisa diambil dari dana fungsional dan dana kinerja dalam APBD,” terang Rao seraya menekankan agar para pahlawan tanpa tanda jasa itu dapat meneladani sosok dan perjuangan RA Kartini.

Sebelumnya, Ketua Panitia Erwana Simamora melaporkan, kegiatan itu diikuti oleh jajaran TK Raudhatul Athfal dari Kecamatan Pandan, Sarudik dan Badiri. Rao sendiri menyumbangan 3 unit sepeda untuk hadiah pemenang lucky draw dalam kegiatan itu.

Editor: Mora