2 tahun lalu |23 Maret 2016 11:25 |1268 Pembaca

Humas PT Asahi: Asap Hitam Itu Dari Pembakaran Batubara Basah

TAPTENG, SUARATAPANULI.COM – David Hutabarat selaku Humas PT Anugerah Samudra Hindia (Asahi) di Kelurahan Pondok Batu, Sarudik, Tapanuli Tengah (Tapteng) menyebutkan, asap hitam yang keluar dari cerobong pembuangan pabrik itu karena proses pembakaran bahan bakar batubara yang basah.

“Asap jadi hitam ketika keluar dari cerobong pabrik industri kami, itu karena saat pembakaran bahan bakar batubara dalam keadaan basah. Namun, ketika batubara sudah kering, asap yang keluar berwarna putih,” jelasnya, kemarin.

Sementara itu, Kabid Pengendalian dan Pemulihan Dampak Lingkungan Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah (Bapedalda) Tapteng, Togu Hutajulu saat dikonfirmasi mengatakan, perusahaan pembuat tepung ikan itu sudah memiliki amdal (analisa dampak lingkungan).

Terkait kondisi udara sekitar yang dikeluhkan warga, kata Togu, pihaknya sudah menghubungi pihak perusahaan dan menghimbau agar tidak menggunakan bahan bakar yang dapat membuat pencemaran udara berbahaya bagi kesehatan.

“Perusahaan itu sudah ada amdal. Masalah polusi udara kita baru ketahui kalau cerobong asap pabrik itu mengeluarkan asap hitam, sebab selama ini pantauan kita, asapnya putih. Terkait asap hitam yang keluar dari cerobong, kata Manajer PT Asahi, Sun Hui, itu karena bahan bakar batubara yang digunakan basah. Tadi kita sudah menghimbau batubara yang basah agar dikesampingkan,” ujar Togu Hutajulu.

Editor: Mora