2 tahun lalu |25 April 2016 23:47 |880 Pembaca

Parmanukan Taput Raih Prasasti Desa Darkum dari Menkum HAM

Foto: Bupati Taput Nikson Nababan saat menyerahkan prasasti dan piagam penghargaan Desa Darkum dari Menkum HAM kepada Camat Garoga dan Kades Parmanukan, Senin (25/4). Dok/ST

TAPUT, SUARATAPANULI.COM – ‪Desa Parmanukan di Kecamatan Garoga, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) berhasil meraih penghargaan sebagai Desa Sadar Hukum (Darkum) dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum HAM) RI Yasonna Laoly.‬ ‪Penghargaan itu diterima oleh Bupati Taput diwakili Asisten I HP Marpaung di Gedung Martabe Kantor Gubernur Sumut, kemarin.

Prasasti dan piagam Anubhawa Sasana Desa/Kelurahan Darkum itu selanjutnya diserahkan Bupati Taput Nikson Nababan kepada Camat Garoga dan Kepala Desa Parmanukan Rahman Lubis, di ruang Kerja Bupati Taput, Senin (25/4).

Penilaian desa darkum ini adalah oleh tim dari provinsi. Kriterianya antara lain dinilai dari tingkat ketertiban warganya membayar pajak, retribusi yang memenuhi target, kasus narkoba nihil, tingkat kepatuhan warga terhadap hukum, dan adanya kelompok keluarga sadar hukum.‬

“Prestasi seperti ini perlu dipertahankan dan dijadikan motivasi bagi desa lain. Berlombalah untuk prestasi, berlomba untuk berbuat bagi kemajuan Tapanuli Utara,” ujar Bupati.

Editor: Mora