2 tahun lalu |27 April 2016 11:55 |1154 Pembaca

Dana KUBE Aspirasi Pancuran Pinang Disinyalir Disunat

Foto: Oknum AJ.

SIBOLGA, SUARATAPANULI.COM – Pencairan dana Kelompok usaha  Bersama (KUBE) Aspirasi tahun 2015 untuk Kelurahan Pancuran Pinang, Kecamatan Sibolga Sambas, Kota Sibolga, disinyalir bermasalah. Beberapa kelompok diduga tidak menerima dana bantuan dari Kemensos RI itu secara utuh.

Informasi yang dihimpun, dana itu telah dicairkan pada pertengahan November 2015 lalu. Masing-masing kelompok yang beranggotakan 10 orang mestinya mendapatkan Rp20 juta. Tapi, jatah kepada KUBE Pinang Bersatu dan Melati Putih disebut-sebut telah disunat oleh oknum-oknum tertentu.‬ Akibatnya beberapa anggota kelompok yang tidak menerimanya.

Salah satu pengurus kelompok di kelurahan itu, berinisial S, menyebutkan bahwa dananya memang telah dibagikan ke sebagian anggota kelompok. Sisanya diserahkan kepada AJ, oknum yang disebut-sebut tahu banyak soal dana tersebut.

Namun saat AJ dikonfirmasi wartawan, dia mengatakan bahwa proses pencairan serta penggunaan dana itu sepenuhnya menjadi kewenangan setiap penerima dana. “Ada pihak-pihak tertentu, termasuk salah satu ketua kelompok di kelurahan ini dan oknum istri salah seorang Lurah di Kecamatan Sibolga Sambas berinisial MAY, yang ingin mencari kambing hitam demi menutupi kesalahannya. Karena mereka yang diduga menyelewengkan dana tersebut,” ujar AJ kepada wartawan, kemarin.‬

AJ juga mengaku keberatan atas tudingan yang dialamatkan kepadanya. “Saya telah menyampaikan kepada Lurah Pancuran Pinang untuk turun menyelesaikan permasalahan ini. Karena dengan adanya oknum yang mengatakan saya menyelewengkan dana itu, saya akan menempuh ke jalur hukum,” kilah AJ.‬

Editor: Mora