2 tahun lalu |27 April 2016 18:44 |786 Pembaca

Kedai Tuak di Bakalomak dan Simirik Psp Ditertibkan

Foto: Operasi penertiban kedai tuak di Bakalomak dan Simirik, Kota Psp, oleh petugas gabungan Satpo PP dan Polri. Dd/ST

PADANGSIDIMPUAN, SUARATAPANULI.COM – Petugas Gabungan Polres dan Satpol PP Kota Padangsidimpuan (Psp) membongkar jejeran kedai tuak di Desa Bakalomak dan Simirik, Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua. Keberadaan kedai penjual minuman keras tradisional itu diakui sangat mengganggu kenyamanan umum.

Petugas menyatakaan, pembongkaran itu bagian dari penegakan peraturan daerah setempat tentang larangan menjual minuman keras (miras).

Karena pengelola tak juga membongkar kedai yang meresahkan warga itu, maka petugas melakukan tindakan. “Melanggar Perda Nomor 7 tahun 2005 tentang larangan penjualan dan pengedaran miras. Sebelumnya kami sudah memberi peringatan tertulis kepada para pengelola kadai tuak ini,” kata Kepala Satpol PP Kota Psp Samadi di lokasi.

Kedatangan para petugas sempat membuat sejumlah pengelola kedai kelabakan. Mereka tetap tidak rela kedai yang terbuat dari papan itu dibongkar paksa oleh petugas. Hingga kemudian mereka bersedia membuat surat pernyataan untuk menutup dan membongkar kedainya sendiri.

“Karena pengelola berjanji menutup dan membongkar kedainya sendiri, maka kami tertibkan kursi dan meja-mejanya. Tapi kalau nanti ternyata pernyataan dan janji mereka itu tidak ditepati, maka kami akan bertindak tegas membongkar paksa,” tukas Samadi.

Editor: Mora