2 tahun lalu |28 April 2016 00:47 |1137 Pembaca

Dinas PU Tapteng Cuma Punya Rp80 M untuk Infrastruktur

Foto: Kabid Program Dinas PU Tapteng Johannes Saruksuk. Dok/ST

TAPTENG, SUARATAPANULI.COM – Tahun ini Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) hanya menampung sekitar Rp80 miliar anggaran untuk pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan serta irigasi. Anggaran itu diplot melalui APBD.

Kepala Dinas PU Harmi Marpaung melalui Kabid Program Johannes Saruksuk menjelaskan, anggaran itu termasuk untuk peningkatan jalan dari pengaspalan lapen menjadi hotmix, serta pembangunan irigasi baru di Kecamatan Andam Dewi, Barus, Sosorgadong, Sorkam, Manduamas, Tukka, dan Sibabangun.

Sementara peningkatan jalan lapen menjadi hotmix dilaksanakan di Sibuluan Tugu Ikan-Sihaporas, Sibuluan-Lapangan Bola, Sosorgadong Barambang-Barungbarung, Tukka-Hutanabolon, Barus Kampung Mudik-Aek Dakka, serta keliling Kota Barus.

Ada juga di Kecamatan Andamdewi Ladang Tengah- Rinabolak, Lobutua-Sitiristiris. Di Kecamatan Sirandorung Sampang Maruhur-Pasar Kamis, di Kecamatan Lumut-Aek Gambir, Lumut-Sihiong, Sibabangun-Pulo Pakkat, Pulo Pakkat-Sihadatuon, Manduamas Saragih-Manjur, Aek Raisan-Lobu Sikkam Sitahuis, dan Kolang-Hutatinggal, Raso-Partodungan.

“Sementara Jalan Faisal Tanjung Terminal Baru Pandan-Kantor Mapolres Tapteng yang baru, yang sudah rusak parah belum diprioritaskan karena masih tahap pembangunan. Namun untuk tahun anggaran berikutnya akan ditingkatkan,” katanya.

Disinggung besaran anggaran yang terbilang kecil itu, Johannes berdalih karena ada item anggaran yang tersedot untuk Pilkada Tapteng 2017 nanti. Dimana tahapannya sudah mulai berjalan pertengahan tahun ini. (rel)

Editor: Mora