2 tahun lalu |28 April 2016 22:56 |1588 Pembaca

3.360 Kg Elpiji Bersubsidi Gagal Diselewengkan ke Palas

Foto: Gas elpiji bersubsidi di dalam truk, yang disinyalir akan diselewengkan ke Palas diamankan di depan Mapolres Tapsel, Kamis (28/4). Dd/ST

TAPSEL, SUARATAPANULI.COM – Polres Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara berhasil menggagalkan penyelewengan distribusi 1.120 tabung gas elpiji ukuran 3 kg dari daerah itu tujuan Padang Lawas (Palas). Truk pengangkut elpiji bersubsidi itu diamankan saat melintas di Jalinsum Desa Sibuhuan Jae, Kecamatan Barumun Tengah, Palas, Rabu (27/4) malam.

Kapolres Tapsel AKBP Rony Samtana melalui Kasat Reskrim AKP Jama Kita Purba mengatakan, terungkapnya upaya penyelewengan itu adalah hasil pengembangan dari informasi masyarakat, bahwa akan ada pengiriman elpiji ke luar wilayah DO (delivery order) yang sudah ditentukan.‬ Agen distribusi nakal pemilik DO itu yakni PT CTS (Cahaya Tapanuli Sejahtera) yang beralamat di Jalan Psp-Sibolga, Sumuran, Kecamatan Batangtoru, Tapsel.

“Awalnya kami dapat info dari masyarakat yang mengabarkan seringnya  terlihat truk pengangkut elpiji yang keluar masuk wilayah Palas, lalu dilakukan penyelidikan,” kata Kasat.

Truk pengangkut bernomor polisi BB 8928 FB itu disopiri oleh Suwarno dengan 2 orang lagi bersamanya. Saat dicek surat jalannya, gas elpiji itu dibawa dari SPBE di Aek Godang, Paluta dengan tujuan ke Gudang PT CTS di Kota Padangsidimpuan (Psp). Untuk proses penyelidikan lebih lanjut, truk serta 3 orang pengendaranya diboyong ke Mapolres Tapsel di Jalan Sisingamangaraja Kota Psp.

“Indikasinya gas ini akan diperjual belikan di daerah Kabupaten Palas, seperti di daerah Sibuhuan dan Sosa yang bukan wilayah distribusi sebenarnya,” ungkap Kasat.

Editor: Mora