2 tahun lalu |29 April 2016 14:43 |1017 Pembaca

13 Unit Pengering Tembakau Dibangun di Humbahas

Foto: Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor (kanan) bersama Kabid Sarana Usaha Dinas Perkebunan Sumut Dimar Sinaga menyerahkan simbolis bantuan bangunan pengering tembakau burley kepada perwakilan kelompok tani Marulak Siburian. Dok Humas/ST

HUMBAHAS, SUARATAPANULI.COM – Dinas Perkebunan Pemprov Sumut membangun 13 unit pengering tembakau di Humbahas. Fasilitas itu akan digunakan oleh kelompok tani tembakau burley di Kecamatan Paranginan, Lintongnihuta dan Doloksanggul.

Fasilitas itu diharapkan dapat memudahkan petani mengeringkan hasil panen tembakaunya, agar memperoleh mutu yang terbaik untuk dijual kepada mitra PT STTC Pematangsiantar.

Penyerahan bantuan itu dilaksanakan secara simbolis saat sosialisasi di Gereja HKI Lumbanbarat Paranginan, oleh Kabid Sarana Usaha Dinas Perkebunan Pemprov Sumut Dimar Sinaga kepada Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, kemarin.

Di kesempatan itu disosialisasikan juga perihal bantuan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBH CHT) yang dialokasikan setiap tahun kepada kelompok tani yang hadir. Diharapkan bantuan itu dapat meningkatkan produksi, mutu dan kesejahteraan petani. (rel)