2 tahun lalu |29 April 2016 21:45 |1650 Pembaca

Mencalon Kada, Anggota Dewan dan Incumbent Tak Harus Mundur

Foto: Ketua DPRD Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani dan Anggota DPRD Darwin Sitompul (berpeci) yang berpasangan mencalon di Pilkada Tapteng Februari 2017 nanti. Dok/ST

JAKARTA, SUARATAPANULI.COM – Pemerintah dan DPR sepakat bahwa anggota dewan dan pejabat incumbent tak harus mundur dari keanggotaan dan jabatannya jika mencalon kepala daerah. Kesepakatan itu tertuang dalam draf revisi UU pilkada yang akan segera diparipurnakan.

Dalam draf itu ada poin yang menyebutkan, bagi anggota dewan hanya cukup mengajukan cuti dan mundur dari jabatannya di alat kelengkapan dewan. Sedangkan bagi incumbent atau petahana hanya cuti saat masa kampanye.

“Pemerintah dan DPR setuju anggota dewan (hanya) mengundurkan diri dari alat kelengkapan dewan, dan petahana cuti saat kampanye,” kata Anggota Komisi II DPR RI Yandri Susanto di Gedung Dewan, kepada wartawan di Jakarta, kemarin.

Yang cukup alot dibahas justru soal persentase calon kada yang diusung partai politik atau gabungan partai politik, serta calon perseorangan atau independen. ‬Pembahasan RUU pilkada itu diharapkan bisa rampung selama masa sidang pembahasan, sampai hari ini. Sehinggga dapat diparipurnakan selambatnya pertengahan Mei nanti.

Beberapa Anggota DPRD Mencalon di Pilkada Tapteng 2017

Kabar ini tentunya menjadi angin segar bagi beberapa Angggota DPRD Tapanuli Tengah (Tapteng) yang telah mendeklarasikan diri mencalon di Pilkada Februari 2017 mendatang. Seperti diantaranya Bakhtiar Ahmad Sibarani yang kini menjabat Ketua DPRD, Awaluddin Rao yang merupakan Wakil Ketua DPRD, Darwin Sitompul yang duduk sebagai Anggota DPRD, dan Patricius Rajagukguk yang juga Anggota DPRD,

Sementara bakal calon petahana Sukran Jamilan Tanjung memang masa periodenya akan berakhir pada Agustus 2016 nanti. (Int/Tim)