2 tahun lalu |30 April 2016 01:02 |1634 Pembaca

Rp4 Miliar Lagi Rampungkan Pelabuhan ASP Sibolga

Foto: Wali Kota Sibolga Syarfi Hutauruk saat meninjau Pelabuhan ASP di Jln KH Ahmad Dahlan, Aek Manis, Jumat (29/4). Dok/ST

SIBOLGA, SUARATAPANULI.COM – Selambatnya awal Juni nanti Pelabuhan Angkutan Sungai dan Penyeberangan (ASP) Kota Sibolga di Jalan KH Ahmad Dahlan, Aek Manis, akan dioperasikan. Untuk perampungannya Pemko Sibolga mengalokasi anggaran sebesar Rp4 miliar lagi.  Yakni untuk pembangunan areal parkir dan fasilitas penunjang lainnya.

“Sekitar Rp4 miliar dari APBD Kota Sibolga itu untuk peninggian areal parkir agar sejajar dengan permukaan Jalan KH Ahmad Dahlan. Ditambah lagi dengan pembangunan fasilitas penunjang seperti kanopi menuju kapal untuk kenyamanan para penumpang. Proyek pembenahan fisik itu sekarang dalam tahap tender,” ucap Wali Kota Sibolga Syarfi Hutauruk saat meninjau lokasi, Jumat (29/4).

Walikota menyebutkan, sesuai rencana pelabuhan itu akan dioperasikan mulai 20 Mei atau selambatnya 1 Juni mendatang. Undangan peresmiannya telah disampaikan oleh Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub RI kepada Dinas Perhubungan Sumut, ASDP,  KSOP, dan Pemko Sibolga. Nanti, seluruh aktifitas kapal penyeberangan dari Sibolga ke Pulau Nias, baik kapal milik ASDP maupun swasta, akan dipindahkan dari Pelabuhan Sambas ke pelabuhan baru ini.

“Kita akan segera mengoperasikan pelabuhan ini sesuai keputusan pada pertemuan dengan Dirjen Perhubungan Darat beberapa waktu yang lalu. Sekaligus Kemenhub akan menyerahkannya ke Pemko Sibolga untuk mengelolanya,” pungkas Walikota.

Editor: Mora