1 tahun lalu |1 Mei 2016 18:52 |1000 Pembaca

2 Alat Berat BPBD Humbahas Siaga Bencana

Foto: Alat berat seharga Rp3,2 miliar yang dibeli BPBD Humbahas untuk penanganan bencana. Oka/ST

HUMBAHAS, SUARATAPANULI.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Humbahas mendatangkan 2 unit alat berat baru yang disiagakan untuk mengantisipasi bencana di daerah itu. Excavator CAT 320D2 dan Backhoe Loader CAT 428F2 itu dibeli seharga Rp3,2 miliar lebih.

Kepala Pelaksana BPBD Humbahas Tumbur Hutagaol melalui Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pengadaan alat berat, Faisal Damanik mengatakan pengadaan alat berat itu bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Humbahas TA 2016.

Pembelian kedua alat berat itu melalui sistim e-katalog. Untuk Excavator CAT 320D2 dibeli seharga Rp1.735.748.949, sedangkan alat berat Backhoe Loader CAT 428F2 Rp1.533.647.797.

“Pagu dana sebesar Rp3,2 miliar itu sudah termasuk biaya mobilisasi. Harga kedua alat berat itu sudah termasuk ongkos kirim, kita tinggal terima barangnya dari PT Trakindo Utama Medan selaku penyedia barang,” terangnya.

Dengan adanya alat berat itu, Faisal berharap pihaknya dapat bekerja maksimal dalam menanggulangi bencana di daerah itu. Sebab selama ini pihaknya hanya mengandalkan alat berat dari Dinas Praswil Humbahas. “Menanggulani bencana, selama ini, kita sedikit kewalahan dan kesulitan,” tandasnya.

Ditambahkan, sesuai dengan keadaan topografi, Humbahas merupakan rawan longsor sebab terdiri dari perbukitan dan lembah. Daerah rawan longsor itu, Kecamatan Baktiraja, Pakkat, Onanganjang, Parlilitan dan Sijamapolang.

Untuk mobilisasi alat berat yang dibeli itu, pihaknya juga akan mengusulkan pengadaan Trado pada APBD TA 2017 mendatang.

Selain itu, pihak BPBD juga akan membeli truk besar jenis Mitsubishi Fuso 220 PS senilai Rp700 juta. Anggarannya sudah ditampung di APBD tahun ini. “Sekarang pengadaannya sedang dalam proses,” ucapnya.

Editor: Mora