1 tahun lalu |3 Mei 2016 08:44 |1270 Pembaca

Jalan Parlilitan-Pakpak Barat Nyaris Tertutup

HUMBAHAS, SUARATAPANULI.COM – Jalan penghubung Kabupaten Humbahas-Pakpak Barat, tepatnya di Batugaja-Delleng Simpon, Desa Sionom Hudon Julu, Kecamatan Parlilitan, mesti segera diperbaiki. Sebab jalan provinsi itu kini sudah tak lagi dapat dilintasi kendaraan. Kerusakan yang sangat parah membuat jalan itu nyaris tertutup.

Menurut warga sekitar, jalan itu sebenarnya pernah diperbaiki 2 tahun lalu. Tapi kini kondisinya sudah sangat memprihatinkan. Pengendara roda empat tidak berani lagi melintasinya. Sedangkan untuk roda doa mesti berhati-hati sekali.

“Sekarang yang roda dua saja sudah takut untuk lewat. Pengendara terpaksa turun mengiring sepedamotornya,” kata Andi Tumanggor, warga setempat, Senin (2/5).

Amatan, badan jalan sudah menyempit. Terdapat banyak lubang dan bebatuan karena aspalnya sudah terkelupas total. Jika tak segera diperbaiki, jalan ini akan kembali tertutup.

Kepala Dinas Prasarana Wilayah (Praswil) Humbahas Manimbul Silalahi dan Kepala UPT Binamarga Doloksanggul Marton Batubara belum berhasil dikonfirmasi terkait kondisi jalan itu.

Sementara Kabag Humas Pemkab Humbahas Osborn Siahaan saat yang dihubungi mengakui pemerintah daerah tidak bisa langsung memperbaikinya, sebab perawatan atau pun perbaikan jalan itu gawenya Dinas Binamarga Provinsi Sumut. “Pemerintah daerah terbentur aturan, karena jalan itu punya pemerintah provinsi,” kata Osborn.

Editor: Mora