1 tahun lalu |4 Mei 2016 11:43 |915 Pembaca

Toke Getah Pembunuh Petugas Pajak Peragakan 70 Adegan Rekonstruksi

Foto: Adegan pra rekonstruksi kasus pembunuhan petugas pajak oleh toke getah Agusman Lahagu di Kota Gunungsitoli, kemarin. AL/ST

GUNUNGSITOLI, SUARATAPANULI.COM РTersangka Agusman Lahagu (40) dan 4 pekerjanya memperagakan 70 adegan pembunuhan dua petugas pajak saat rekonstruksi yang digelar Polres Nias, kemarin. Adegan diperagakan mulai dari kedatangan kedua petugas pajak hingga Agusman dkk menghabisi nyawa kedua korban. Rekonstruksi digelar di gudang milik Agusman Lahagu di Moawo, Km 7, Kota Gunungsitoli, Sumut.

Terungkap, saat kejadian itu Selasa (12/4) sore, Agusman emosi setelah disodorkan surat tagihan pajaknya sebesar Rp14,7 miliar. Agusman selaku pelaku utama merupakan pengusaha getah karet. Dia kemudian gelap mata, lalu menghabisi Parada Toga Fransriano Siahaan (30) petugas pajak dari KPP Pratama Sibolga, dan Sozonolo Lase (30) satpam honorer di KP2KP Kota Gunungsitoli.

Kapolres Nias AKBP Bazawato Zebua melalui Kasatreskrim AKP Selamat Kurniawan Harefa menerangkan, rekonstruksi digelar untuk mempertegas peran masing-masing tersangka. Dari 70 adegan yang diperagakan, peran kelima tersangka tidak berubah dari hasil berita acara pemeriksaan (BAP) penyidik.

“Semua sesuai dengan BAP. Hingga saat ini masih belum ada penetapan tersangka baru,” ujar Kasatreskrim.

Gelaran rekonstruksi itu dijaga ketat personil Polres Nias. Hadir juga pihak Jaksa Penuntut Umum Kejari Gunungsitoli, dan tiga pengacara tersangka.

Editor: Mora