1 tahun lalu |6 Mei 2016 17:45 |1444 Pembaca

Bupati Humbahas Batalkan Izin PLTA Tak Ramah Lingkungan

Foto: Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor.

HUMBAHAS, SUARATAPANULI.COM – Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor menolak dan membatalkan sejumlah permohonan izin usaha pendirian pembangkit listrik tenaga air (PLTA) di wilayahnya. Alasannya karena perusahaan pemohon dinilai belum serius memperhatikan aspek lingkungan.

“Baru-baru ini saya membatalkan sejumlah permohonan izin pendirian PLTA di Humbahas yang diajukan investor. Atas berbagai pertimbangan, yakni aspek lingkungan,” kata Dosmar kepada wartawan kemarin, tanpa merinci berapa jumlah izin yang sudah dibatalkan itu, dan atas nama perusahaan apa.

Bupati menekankan, investor yang berniat mendirikan PLTA di wilayahnya mesti memperhatikan berbagai aspek, lingkungan salah satu yang utama. Dosmar mengaku tidak mau neko-neko soal aspek ini. Bahkan tidak ada istilah karena dia kenal dengan bos investornya, atau meski pun itu ada hubungan marga dengannya.

“Keluarga dekat sekali pun, saya akan batalkan jika tidak sesuai aturan dan aspek ramah lingkungan,” tegasnya.

Terpisah Kakantamben Humbahas M Sigalingging membenarkan pembatalan sejumlah izin pendirian PLTA itu. Tapi Kakantamben juga enggan mengungkapkan berapa jumlah PLTA yang aktif maupun yang sedang mengurus izin. Dia berdalih tidak ingat persis datanya. “Jumlahnya yang pasti saya tidak ingat. Kebetulan anggota saya yang menangani itu sedang tugas ke lapangan. Lain kali datang, datanya akan kami berikan,” kata Sigalingging saat ditemui wartawan di ruang kerjanya.

Dia juga mengaku lupa soal berapa izin pembangkit listrik yang sudah dikeluarkan instansinya. “Memang ada beberapa izin yang kami keluarkan, hanya saja jumlahnya saya tidak ingat,” ucapnya.

Terkait pemberian izin itu, masih Kakantamben, pihaknya tidak ada menerima uang pelicin dari investor yang melakukan kegiatan kelistrikan tenaga air di Humbahas. “Saya tidak ada terima apa-apa dari mereka (investor,red) atas meloloskan izinnya. Kami hanya mengeluarkan izin, sepanjang semua persyaratan dipenuhi oleh investor,” terangnya.

Editor: Mora