1 tahun lalu |8 Mei 2016 12:42 |1392 Pembaca

Lho, Peringatan Batu Lubangnya Kok Terlambat?

Foto: Plang rambu peringatan hati-hati memasuki kawasan Batu Lubang, tetapi dipasang sesudah lewat Batu Lubang dari arah Sibolga, Minggu (8/5). Mora/ST

TAPTENG, SUARATAPANULI.COM – Ada yang janggal dengan rambu lalulintas di kawasan Gua Batu Lubang Km 8 Jalinsum Sibolga-Tarutung, Kecamatan Sitahuis, Tapanuli Tengah (Tapteng) ini. Plang bertuliskan peringatan ‘HATI-HATI 200 METER LAGI BATU LUBANG’ itu justru terpampang setelah lewat kawasan yang dimaksud.

Haha…kok begitu ya. Kan sudah lewat, jadi terlambat peringatannya,” ujar Hendra (30), seorang pengendara, Minggu (8/5).

Memang, peringatan itu menjadi keliru bagi pengendara yang melaju dari Sibolga ke arah Tarutung. Dimana semestinya dipasang sebelum objek yang dimaksud. “Harusnya di bawah tadi plang peringatannya dipasang. Masa sudah lewat baru ada peringatan, ada-ada saja,” timpal Hendra lagi.

Ditelusuri kembali dari arah Sibolga, ternyata memang tidak ada terpasang plang peringatan seperti itu sebelum kawasan gua bersejarah tersebut. “Dari bawah tadi memang gak ada plang seperti ini,” tandas Hendra lagi yang baru sadar bahwa selama ini tidak memperhatikan kekeliruan plang peringatan itu.

Plang dengan dua tiang itu sendiri rupanya bertuliskan peringatan yang sama pada sisi sebaliknya, atau timbal balik. Artinya bagi pengendara yang datang dari arah Tarutung ke Sibolga, maka letak dan pesan rambu peringatan itu sudah tepat. Tapi kalau bagi pengendara yang datang dari arah sebaliknya, imbauan itu menjadi keliru.

Editor: Raymon