1 tahun lalu |9 Mei 2016 20:54 |781 Pembaca

Petani Humbahas Panen Raya Padi

Foto: Petani padi di Humbahas yang mulai musim panen. Oka/ST

HUMBAHAS, SUARATAPANULI.COM – Sejumlah kecamatan di Kabupaten Humbahas mulai memasuki musim panen padi dari masa tanam Desember 2015 lalu. Puncak momen gembira itu pada pertengahan Mei-Juni nanti.

Kepala Dinas Pertanian Humbahas Happy Silitonga menyebutkan petani turun ke sawah mereka untuk memanen padi menggunakan sabit atau mesin perontok padi modern. “Puncak panen raya pertengahan Mei hingga akhir Juni mendatang,” katanya, Senin (9/5).

Happy menjelaskan, data statistik menunjukkan produktifitas padi di daerah itu masih 4,8 ton per hekter. Namun diharapkan dapat ditingkatkan menjadi 5,3 ton, dengan sasaran tanam seluas 28.000 hektar lebih.

“Tidak hanya target membuat surplus, tapi harus dengan kedaulatan pangan yang mantap dan kuat. Ini harapan ke depannya,” ujarnya.

Sementara petani mengakui kualitas panen kali ini relatif bagus, hanya saja kuantitas mungkin akan mengalami penurunan dibanding panen sebelumnya. Sebab cuaca yang kurang stabil. “Kami rasa panen kali ini agak memuaskan, padahal kalau melihat kondisi cuaca saat awal tanam, sebelumnya memang sempat khawatir gagal panen,” kata Kristoman Simamora (41) dan Anggiat Lumbangaol (52) petani di Pollung dan Doloksanggul.

Gangguan cuaca itu, diimbangi petani dengan pemupukan teratur pada masa padi tumbuh. ”Kami tetap sangat bersyukur karena hasil panen sekarang lebih baik jika dibandingkan tahun lalu,” kata Kristoman diamini temannya.

Petani lainnya Tarida Simanulang (39)mengatakan, memang sejumlah rekannya sudah mulai panen. Bulir padi sudah menguning. “Memang ada sebagian petani yang belum melakukan panen, itu karena sempat tertundanya masa tanam dampak dari cuaca saat masa tanam,” katanya.

Biasanya, sambung Tarida, banyak petani yang langsung menjual gabahnya setelah panen. Tapi ada juga memutuskan menahannya. ”Kalau padi milik saya tidak dijual seluruhnya, hanya sebagian saja dan gabah simpanan itu nanti untuk menutupi kebutuhan makan sehari- hari dan persiapan benih untuk musim tanam mendatang,” ucapnya.

Editor: Mora