1 tahun lalu |9 Mei 2016 21:26 |1075 Pembaca

Walikota Gunungsitoli Niat Dirikan SMK Pariwisata

Foto: Walikota Gunungsitoli Lakhomizaro Zebua saat meninjau UN SMP. AL/ST

 

NIAS, SUARATAPANULI.COM – Walikota Gunungsitoli Lakhomizaro Zebua menyatakan ingin mendirikan SMK pariwisata di daerahnya. Sehingga anak SMP, khususnya putra daerah, yang ingin melanjut dan berminat dengan jurusan itu tidak perlu lagi ke luar daerah.

“Kami berencana mendirikan SMK pariwisata yang berhaluan pada politeknik pariwisata. Jadi bagi pelajar yang berminat nantinya dapat melanjutkan ke sekolah kejuruan ini,” kata Walikota di sela meninjau pelaksanaan UN di SMP Negeri 1 Gunungsitoli dan SMP Swasta Bunga Mawar, Senin (9/5).

Sebagai daerah kepulauan di pantai barat Sumatera Utara, 5 daerah kabupaten dan kota di Pulau Nias memang memiliki banyak objek wisata. Selain bahari, kepulauan Nias juga punya destinasi wisata budaya, kuliner,  sejarah,  religi,  dan lainnya.

Turut meninjau, perwakilan Dinas Pendidikan Sumut Mawarni Telaumbanua, Dandim 0213/Nias, Forkopimda, dan para pimpinan SKPD. Di kesempatan itu, Walikota menyatakan, pemda senantiasa memperhatikan dan memberikan dukungan kepada pelajar yang berprestasi. Sebab diakuinya bahwa Gunungsitoli sangat membutuhkan sumber daya manusia yang handal untuk membangun daerah tersebut.

Walikota memotivasi agar peserta UN agar menjawab murni dengan kemampuan sendiri. “Jangan mencontek, karena kejujuran merupakan kunci keberhasilan dan bekal penting dalam menata masa depan,” ujarnya seraya berharap seluruh peserta lulus 100 persen dalam UN.

Sementara itu Mawarni Telaumbanua menyampaikan, untuk kelulusan tahun ini siswa SMP masih ditentukan dari pusat. Dan bagi peserta UN yang tidak lulus dapat mengikuti ujian paket B. Sesuai data yang dihimpun peserta yang melaksanakan UN tingkat SMP tahun ini diikuti 2.940 peserta.

Editor: Mora