1 tahun lalu |10 Mei 2016 15:03 |891 Pembaca

Nelayan Sibolga Diusul Diasuransikan Pemko

Foto: Para nelayan Sibolga memperbaiki jalanya untuk persiapan melaut. Raymon/ST

SIBOLGA, SUARATAPANULI.COM – Sebagai jaminan hidup saat melaut, pemerintah daerah berencana mengasuransikan jiwa nelayan warga Kota Sibolga. Usulan asuransi itu tengah digagas DPRD Kota Sibolga. Tahap awalnya, sekira 2.000 nelayan akan didaftarkan sebagai peserta Asuransi Nelayan Sejahtera Kota Sibolga (ASNI) itu.

“Kita upayakan tahun ini 2.000 nelayan Sibolga tercatat dalam asuransi tersebut,” sebut Wakil Ketua DPRD Kota Sibolga, Jamil Zeb Tumori bersama Anggota DPRD dari lintas komisi, kepada SuaraTapanuli, Selasa (10/5).

Program ini bertujuan memberikan kenyamanan bagi nelayan dan keluarganya. Dimana melaut merupakan pekerjaan yang penuh resiko. ASNI akan menampung nelayan yang belum terdaftar pada BPJS Ketenagakerjaan.

“ANSI ini memberikan jaminan kepada nelayan dan keluarganya, jika sewaktu-waktu musibah menimpa. Karena memang yang melaut ini adalah profesi yang sangat tinggi resikonya, selain hantaman ombak dan badai, sambaran petir di tengah laut pun mengancam nyawa nelayan kita,” papar Jamil.

Usulan program ini sudah masuk dalam rencana kerja pembangunan daerah dan anggarannya sudah ditampung melalui APBD TA 2016. Artinya ANSI ini gratis, meliputi asuransi kematian dan kecelakaan. “ANSI akan melibatkan pihak ketiga, yakni pihak asuransi (swasta) yang mumpuni, terutama dari segi finansial,” tegas Jamil.

Kabar gembira ini diharapkan disambut baik oleh kaum pencari ikan itu. Begitu juga pengusaha bidang perikanan kelautan agar turut berperan dan mendukungnya. “Kita harapkan pengusaha jangan menghindar atas apa yang kita usulkan ini,” tutup politisi Golkar itu.

Editor: Mora