1 tahun lalu |10 Mei 2016 22:43 |1902 Pembaca

Waspadai Paham PKI Berkembang di Tapteng

Ilustrasi logo PKI

TAPTENG, SUARATAPANULI.COM – Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng) Sukran Jamilan Tanjung menyebutkan paham Partai Komunis Indonesia (PKI) disinyalir berkembang di daerahnya. Sinyalmen itu terdeteksi dari kemiripan aktifitas sejumlah keturunan keluarga penganut paham yang dilarang di Indonesia tersebut.

“Aktifitas para anak-anak eks PKI yang ada di daerah kita sekarang semakin nyata terlihat, mirip dengan yang dilakukan PKI di era tahun 1965 dulu,” sebut Bupati kepada wartawan, Selasa (10/5).

Mereka tersebar di beberapa kecamatan. Meski kebanyakan dari mereka memilih tidak menonjolkan diri, bahkan terkesan menutupi jati dirinya, tetapi ada juga sebagian yang membentuk organisasi sosial kemasyarakatan. “Aktifitas organisasinya itu yang disinyalir ada kemiripan dengan bentukan PKI dulu,” tandas Bupati.

Memang, sambung Bupati, setelah sekian lama berlalu, sekarang mereka sudah ikut andil dalam berbagai aktifitas kemasyarakatan. Bahkan telah masuk ke organisasi politik. “Potensi untuk mengarah ke pengembangan kembali paham itu yang ada sinyalmen, meski tidak ada penggunaan atribut- atribut bernuasa PKI,” sebutnya.

Pemerintah daerah tengah berkoordinasi dengan pihak TNI dan Polri agar dapat dirumuskan bersama apa langkah antisipasi atas indikasi tersebut. ”Saya juga sudah perintahkan bagian Kesbanglinmas untuk mendata kembali organisasi mereka. Jika ada yang terbukti mengarah ke paham PKI, akan saya bekukan,” tukas Bupati sembari mengimbau agar masyarakat jangan mudah terpengaruh apalagi bergabung dalam organisasi yang tidak berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.

Editor: Mora