1 tahun lalu |10 Mei 2016 23:08 |1112 Pembaca

Nelayan Gunungsitoli Terima 62 Kapal Motor

Foto: Penyerahan bantuan kapal motor kepada kelompok nelayan di Kota Gunungsitoli, Selasa (10/5). AL/ST

GUNUNGSITOLI, SUARATAPANULI.COM – Sejumlah kelompok nelayan di Kota Gunungsitoli menerima bantuan 62 unit kapal motor 7 GT dan 0,5 GT serta perlengkapannya, Selasa (10/5). Bantuan itu diserahkan oleh Wakil Walikota Sowa’a Laoli di Kompleks Eks TPI setempat.

Wawako menekankan, kelautan dan perikanan merupakan salah satu sektor yang strategis dalam konteks pembangunan Kota Gunungsitoli. Karena itu sektor ini harus senantiasa mendapat perhatian serius dari pemerintah dan elemen masyarakat.

“Subsektor perikanan tangkap merupakan penyumbang produksi ikan terbesar di Kota Gunungsitoli, dimana pada tahun 2015 produksi perikanan mencapai 3.061 ton dengan jumlah nelayan yang terlibat sebanyak 1.735 orang,” ucap Wawako yang didampingi Kadis Pertanian Perikanan dan Kelautan Eliyunus Waruwu.

Kepada para nelayan penerima, Wawako berpesan agar kapal langsung dioperasikan sesuai peruntukannya, dan jangan lupa merawatnya. Diharapkan, armada panangkap ikan itu dapat meningkatkan kesejahteraan nelayan dan keluarganya. “Kepada kelompok yang belum menerima jangan kecil hati dan cemburu. Karena untuk tahun ini pemerintah kota sudah mengganggarkan 100 unit kapal motor lagi,” timpalnya.

Arsil Chaniago, salah seorang anggota kelompok penerima mengakui bantuan itu sangat menolong mereka. “Kami sangat senang dan bersyukur,” ucapnya.

Editor: Mora