1 tahun lalu |10 Mei 2016 23:39 |1456 Pembaca

Humbahas Layak Sentra Ekseminasi Kerbau di Sumut

Foto: Rombongan saat meninjau peternakan kerbau di Desa Nagasaribu IV dan Siharjulu, Lintongnihuta, Humbahas, Selasa (10/5). Oka/ST

HUMBAHAS, SUARATAPANULI.COM – Kecamatan Lintongnihuta, Kabupaten Humbahas, tepatnya Desa Nagasaribu IV dan Siharjulu sangat layak menjadi sentra pengembangan ternak kerbau di Sumut. Hal itu dikatakan Kadis Peternakan Sumut drh Parmohonan Lubis ketika melihat langsung hasil ekseminasi kerbau di lokasi, Selasa (10/5).

“Saya bangga melihat hasil peternakan kerbau di desa ini. Ekseminasi pun bisa berhasil. Selama ini jarang kami temukan, bahkan ada di salah satu kabupaten di Sumut sampai mendatangkan tim ahli dari Australia, tapi tetap gagal. Jadi Humbahas ini sangat layak dijadikan sebagai sentra pengembangan ternak kerbau di Sumut,” tutur Parmohonan.

Parmohonan menambahkan, Sumut peringkat 5 populasi pengembangan kerbau di Indonesia, dimana terbanyak di kawasan Tapanuli. Begitu pun dengan bantuan alat pemeras susu, bisa diberikan kepada kelompok peternak. Diharapkan nanti bisa bergantian menggunakannya, sehingga ada rasa saling memiliki.

“Tapi harus sesuai prosedur. Kalau nanti bantuan (kerbau dan peralatan) diserahkan, jangan membedakan dengan yang milik sendiri. Jangan ada nanti yang mengatakan, tak usah diurus itu, bantuan provinsinya itu. Bantuan itu harus penuh tanggungjawab, karena itu kepentingan masyarakat,” tambahnya.

Kepala BPTU-HPT (Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak) Siborongborong drh Vierman mengatakan, kerbau yang ada di desa itu bukan kerbau perah. Tidak semua kerbau bisa diperah. Makanya diperlukan metode ekseminasi. Kerbau hasil inseminasi itu lah yang cocok jadi penghasil susu.

“Umur 4 tahun, kerbau hasil inseminasi ini bisa mencapai berat 1 ton dan bisa menghasilkan 15 liter susu setiap hari. Perkawinan sedarah kerbau harus dihindarkan karena hasilnya tidak menjanjikan. Kerbau betina jangan dijual, kalau terpaksa agar dijual ke Dinas Peternakan dan Perikanan dengan harga tinggi,” katanya seraya menyebutkan BPTU-HPT Siborongborong akan bekerjasama dengan Pemkab Humbahas dalam bidang tersebut.

Turut juga meninjau, Kadis Peternakan dan Perikanan Humbahas Kaminton Hutasoit, Kepala Balai Inseminasi Buatan Daerah Provinsi Sumut Harapan Hutauruk, Kabid Peternakan Humbahas drh Surya Jaya Junjungan, dan Camat Lintongnihuta Haposman Togatorop.

Editor: Mora