1 tahun lalu |11 Mei 2016 07:51 |1231 Pembaca

Buruh Mitra PT TPL Gosong Disambar Petir

Foto: Jenajah korban David Simamora saat di Puskesmas Saitnihuta, Doloksanggul, Humbahas sebelum dijemput pihak keluarga. Oka/ST
HUMBAHAS, SUARATAPANULI.COM – Naas dialami David Simamora (22), warga Desa Simamora Nabolak, Kabupaten Tapanuli Utara. Buruh CV Parpangiran, perusahaan mitra kerja PT Toba Pulp Lestari (TPL), itu tewas setelah tubuhnya gosong disambar petir saat bekerja di sekitar area konsesi perusahaan bubur kertas itu, di Desa Saitnihuta, Doloksanggul, Kabupaten Humbahas, Senin (9/5) sekira pukul 18.00 WIB.
Informasi yang dihimpun, saat itu korban bersama 8 temannya, bermaksud istirahat dan berlindung dari guyuran hujan di tenda yang ada di sekitar lokasi. Tak disangka petir datang menyambar, tubuh David terlempar. Sedangkan seorang rekannya, Wiranto Purba (17) juga kena sambaran petir hingga bagian punggungnya memar. Korban David Simamora masih sempat mendapat pertolongan pertama dari rekan-rekannya. Tubuhnya dilumuri lumpur oleh rekan kerjanya.
“Badannya langsung terlihat gosong kebiru-biruan. Sempat coba ditolong temannya dan dibawa ke Puskesmas Saitnihuta, Doloksanggul, tetapi tidak dapat tertolong lagi,” ujar salah seorang kerabat korban yang mengaku bermarga Simamora.
Kapolsek Doloksanggul AKP Bazoka Siburian membenarkan peristiwa itu. Sebelum menghembuskan nafas terakhir, korban dilumuri lumpur oleh rekannya di lokasi, kemudian dilarikan ke puskesmas terdekat untuk mendapatkan pertolongan medis. Kejadian itu lantas dilaporkan ke pihak security PT TPL.
”Setelah korban diketahui rekannya sudah tidak bernafas lagi, jasadnya dibawa ke Puskesmas Saitnihuta, Doloksanggul dengan mobil patroli PT TPL,” sambung Bazoka.
Usai divisum di puskesmas, jasad korban diantar ke rumah duka. ”Kami tidak menemukan adanya kejanggalan atau tindak pelanggaran hukum,” pungkas Kapolsek.

Editor: Mora