1 tahun lalu |11 Mei 2016 17:49 |954 Pembaca

Harga Migor & Gula Pasir Curah di Sibolga Ikut Naik

Foto: Aktifitas perdagangan di Pasar Sibolga di tengah merangkak naiknya harga beberapa bahan kebutuhan pokok sehari-hari menjelang bulan Ramadhan, Rabu (11/5). Harmen/ST

SIBOLGA, SUARATAPANULI.COM – Harga minyak goreng dan gula pasir curah di Kota Sibolga mengalami kenaikan. Penyebabnya permintaan masyarakat yang meningkat menjelang Ramadhan.

“Untuk gula pasir curah mengalami kenaikan harga dari sebelumnya Rp14.000 per kilogram menjadi Rp17 ribu. Minyak goreng curah Rp11.500 menjadi Rp13.000 per kilogram. Gula pasir ukuran satu zak dari sebelumnya Rp635 ribu menjadi Rp720 ribu,” kata Arif Fauzi Pardede, pedagang bahan pokok di Pasar Nauli Sibolga, Rabu (11/5).

Dijelaskannya, naiknya harga sejumlah bahan pokok di pasaran disebabkan tingginya permintaan masyarakat. Namun kondisi itu dikeluhkan pelanggan. Karena itu pedagang berharap Pemko Sibolga ikut andil mencari solusi untuk menstabilkan harga.

Dinda (30), warga Kelurahan pasar Belakang, Kecamatan Sibolga Kota mengatakan, ia harus mengeluarkan uang lebih besar dari biasanya untuk belanja kebutuhan sehari-hari. “Sekarang belanja di pasar tradisional atau pasar modern pun tidak ada bedanya, sama-sama mahal,” kata Dinda.

Ibu rumahtangga muda itu menyebutkan kenaikan harga bahan pokok, kecuali beras, sudah dirasakan sejak sebulan lalu. Menurutnya, fluktuasi harga diduga akibat spekulasi. Apalagi menjelang datangnya bulan suci Ramadhan. “Buktinya harga beras relatif stabil,” tuturnya.

Editor: Mora