1 tahun lalu |11 Mei 2016 23:39 |1883 Pembaca

‪Nikson Marah, Peternakan Babi Siaro‬ Amburadul

Foto: Bupati Nikson Nababan didampingi Kadisnak Longgos Pandiangan saat meninjau kawasan UPT Pengembangan Ternak Babi Siaro‬ Siborongborong, Taput, Rabu (11/5). Ist/ST

TAPUT, SUARATAPANULI.COM – ‪Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan marah saat sidak ke Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengembangan Ternak Babi Siaro Kecamatan Siborongborong, Rabu (11/5). Sebabnya kondisi peternakan itu amburadul. Kandangnya yang kotor membuat ternak tidak sehat, bahkan banyak yang mati.

‪Nikson yang didampingi Kadis Perikanan dan Peternakan Longgos Pandiangan dan Kadis Cipta Karya Budiman Gultom, sengaja datang untuk mengecek langsung kondisi ternak babi, obat-obatan yang dipakai, pakan ternak, hingga kondisi kebersihan kandang.‬ ‪Nikson kecewa karena ternyata mendapati peternakan itu tidak terawat dengan baik. Selain kandang yang kotor, pun kesehatan ternak, pemberian obat-obatan dan pakannya tidak pas. Akibatnya banyak anak ternak yang mati.

“Saya beri waktu 1 bulan kepada kepala UPT untuk memperbaiki semuanya. Tidak boleh lagi ada ternak yang mati di sini. Kalau ada lagi, saya akan ambil tindakan tegas, kepala UPT harus siap non job,” tegas Nikson.

Dia juga menyoroti soal kantor UPT yang belum tepat peruntukkannya. Dimana kantor malah dipakai sebagai tempat tinggal. Dokter hewan yang ada pun tak bertugas dengan baik.

“Kantor peruntukkannya untuk kantor, bukan tempat tinggal. Perbaiki ini, bekerja dengan baik. Saya cek sebulan lagi. Tidak ada perubahan, saya akan bertindak tegas. Jangan main-main, saya tidak akan toleransi,” tandasnya lagi.

Editor: Mora