1 tahun lalu |13 Mei 2016 10:58 |928 Pembaca

Izin Tempat Hiburan Malam di Humbahas Diperketat

Gambar ilustrasi. Int

HUMBAHAS, SUARATAPANULI.COM – Kepala Kantor Perizinan Terpadu Humbahas Jamilin Purba menegaskan pihaknya memperketat pengawasan terhadap penyalahgunaan izin tempat hiburan malam di daerah itu. Dan izin untuk membuka yang baru tidak diberikan.

“Selain memperketat pengawasan, sekarang kami tidak lagi memberikan izin operasional tempat hiburan malam yang baru, seperti kafe remang-remang,” tandas Jamilin kepada wartawan kemarin.

Diakuinya bahwa selama ini pengawasan masih lemah. Padahal tempat hiburan malam rawan peredaran narkoba dan praktek prostitusi komersial. “Bahkan bisa dibilang tidak ada pengawasan,” ungkapnya.

Di daerah itu kini ada 3 tempat hiburan malam yang berizin. Ketiganya berada di Kecamatan Doloksanggul yang merupakan ibukota kabupaten. Pembatasan terhadap izin dan pengetatan pengawasan lapangan, sambung Jamilin, merupakan perintah dari Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor melalui suratnya kepada instansinya itu. Alasannya karena keberadaan tempat hiburan malam bertentangan dengan norma-norma adat budaya lokal.

Anggota DPRD Humbahas Bukka Lumbantoruan menyatakan mendukung kebijakan pemerintah daerah tersebut. Menurutnya, pemerintah daerah juga mesti mengkaji apa baik dan mudarat tempat itu.

“Kalau memang banyakan negatifnya bagi masyarakat, maka pemberian izin atau pun izin yang masih berlaku perlu dipertimbangkan,” tuturnya.

Editor: Mora