2 tahun lalu |24 Maret 2016 11:43 |1394 Pembaca

Kasus Illegal Fishing Bakal Disidangkan di PN Sibolga

Foto: Kapal KM Sumber Rejeki Bersama X GT 30 yang diamankan personel Lanal Sibolga pada Kamis (18/2) lalu. Dokumentasi/SuaraTapanuli

SIBOLGA, SUARATAPANULI.COM- Kasus illegal fishing menggunakan kapal pukat trawl (Pukat Ikan/PI) KM Sumber Rejeki Bersama X GT 30 akan segera disidangkan di Pengadilan Negeri (PN) Sibolga, setelah pihak kejaksaan menyatakan berkas kasus sudah lengkap (P21).

Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Sibolga Letkol Laut (P) I Gusti Putu Ngurah Sedana mengatakan, nahkoda (tekong) kapal PI yang sudah ditetapkan tersangka dalam kasus ini telah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Sibolga. Serah terima tersangka dan barang bukti dilakukan pada Kamis (17/3) kemarin di kantor kejari.

“Tersangkanya berinisial MJTS yang bertindak sebagai nahkoda atau tekong. Barang bukti 1 unit kapal PI juga sudah kita serahkan. Saat ini menjadi wewenang Kejari,” ujar Danlanal saat dikonfirmasi melalui selulernya, Kamis (24/3).

Sebelumnya, kapal milik pengusaha berinisial M itu diamankan personel Lanal Sibolga pada Kamis (18/2) lalu dari perairan laut Sibolga.

Terpisah, Jaksa Penuntut Umum Hiras Silaban yang menangani perkara ini, membenarkan pihaknya telah menerima berkas dari Lanal Sibolga. Selanjutnya diserahkan ke pihak Pengadilan untuk disidangkan.

“Benar, berkas perkaranya sudah dilimpahkan oleh Lanal Sibolga, dan hari ini kita limpahkan ke pengadilan. Sidangnya dalam waktu dekat bagi tersangka. Tersangka kini sudah kita tahan dan barang bukti kapal saat ini berada di tangkahan PISI (di Pondok Batu, Sarudik, Tapteng,red),” terangnya.

Editor: Mora