1 tahun lalu |16 Mei 2016 15:16 |1109 Pembaca

Tembok Kelas SD HKBP Sibuluan I Ambruk Dihantam Banjir

Foto: Tembok SD Swasta HKBP Sibuluan I, Kecamatan Pandan, Tapteng yang rubuh dihantam banjir, Minggu (15/5). Raymon/ST
TAPTENG, SUARATAPANULI.COM – Banjir yang melanda sejumlah kecamatan di Kabupaten Tapanuli Tengah, Minggu (15/5), juga merubuhkan tembok dua ruang kelas SD Swasta HKBP Sibuluan I, Kecamatan Pandan.
“Rubuhnya saat hujan deras semalam, dihantam arus air banjir. Tembok ini ada sepanjang 35 meter, memang letaknya di tepi Sungai Sibuluan. Untungnya tidak ada korban jiwa,” kata Kepala Sekolahnya Juwita  Simanjuntak, Senin (16/5).
Akibat kerusakan ruang kelas itu, pelaksanaan Ujian Nasional (UN) terpaksa dipindahkan sementara ke kelas SMP, masih di kompleks yang sama. “Kalau UN tadi gak terganggu. Tapi terpaksa kami pakai ruang kelas SMP yang aman,” timpal Juwita.

Kadis Pendidikan: Ada UN Susulan

Sementara itu Kadis Pendidikan Tapteng Delta Pasaribu menyatakan memang ada sejumlah SD di Tapteng yang gagal UN di hari pertama karena sekolahnya terdampak bencana banjir. Sejumlah siswa juga absen ujian karena rumahnya terendam banjir.

Namun begitu, masih ada UN Susulan pekan depan. “Bagi siswa yang batal atau absen akan diikutkan pada UN susulan,” jelasnya.

Foto: Pelaksanaan UN di MIN NU Barus, Tapteng yang sempat diundur 2 jam menunggu banjir surut, Senin (16/5). Raymon/ST Foto: Pelaksanaan UN di MIN NU Barus, Tapteng yang sempat diundur 2 jam menunggu banjir surut, Senin (16/5). Raymon/ST

Gangguan akibat banjir paling parah terjadi di Kecamatan Barus. Ada sekolah yang terpaksa mengundur jam mulai UN selama 2 jam akibat terganggunya pendistribusian naskah. “Seperti di MIN NU Barus, pelaksanaan UN baru dapat dimulai pada pukul 10 pagi, mestinya jam 8. Itu karena menunggu genangan air di kawasan sekolah surut,” kata Delta.

Hingga Senin (16/5) petang, banjir berangsur surut. Warga yang rumahnya kebanjiran pun terlihat sibuk membersihkan air berlumpur bawaan banjir. Seperti di kawasan Kelurahan Pondok Batu dan Pasir Bidang Kecamatan Sarudik, di Kecamatan Kolang, kawasan Sibuluan Kecamatan Pandan, dan di Kecamatan Tukka. (Tim)

Editor: Mora