2 tahun lalu |24 Maret 2016 12:23 |1567 Pembaca

Waspada! Sibolga-Tapteng Dilanda Hujan Petir Lagi

Foto: Hujan deras, angin kencang, dan petir yang melanda kawasan Sibolga, Kamis (24/3) petang. Mora/SuaraTapanuli.Com

SIBOLGA, SUARATAPANULI.COM- Cuaca tak bersahabat kembali melanda kawasan pesisir pantai barat Sumut, Kamis (24/3) petang. Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) kembali diguyur hujan lebat, angin kencang dan petir.

Kondisi tersebut membuat sejumlah warga khawatir dan waspada bencana banjir akan kembali datang seperti yang terjadi pada Selasa (22/3) malam lalu.

“Kalau sudah hujan deras dan petir seperti ini, mau kena banjir lagi seperti kemarin itu. Masyarakat mesti waspada. Cuaca sedang tidak bersahabat, tadi siang masih cerah, pas sore hujan dan badai,” ujar Anggiat Siregar (35), warga Sibolga.

Selasa (22/3) malam kemarin, sedikitnya 8 kecamatan di Tapteng mengalami banjir. Ribuan rumah warga, sejumlah akses jalan protokol, areal sekolah, kawasan pertanian, dan fasilitas umum lainnya terendam banjir. Ketinggian air bervariasi hingga sekitar 2 meter. Sementara itu di Sibolga, sejumlah rumah di kawasan tepi laut dilaporkan rusak diterjang ombak besar dan angin kencang pada hari yang sama.

Pihak Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tapteng merilis peringatan dini waspada gelombang laut tinggi mencapai 3 meter yang diprediksi melanda perairan Sibolga-Nias. Hujan sedang juga akan melanda perairan itu. Kecepatan angin diperkirakan 4 hingga 15 knot. Untuk arah angin bergerak dari Tenggara menuju Barat Laut. Prakiraan cuaca, Tapteng dan Sibolga diprediksi akan kembali diguyur hujan ringan. Warga diimbau waspada banjir dan longsor, khususnya yang bermukim di bantaran sungai dan tebing.

Editor: Ray T