1 tahun lalu |18 Mei 2016 23:39 |1091 Pembaca

Merdeka! Lampu di Rusunawa Sibolga Mulai Menyala

Foto: Gedung Rusunawa Sibolga yang sudah berbulan-bulan tidak dialiri listrik. Raymon/ST
SIBOLGA, SUARATAPANULI.COM – Rabu (18/5) petang tadi gang-gang di gedung Rusunawa Sibolga telah diterangi lampu. Meski masih hanya sebatas penerangan umum, para penghuni sudah bersyukur. Sebab memang sejak 5 bulan terakhir, listrik sama sekali tak mengalir.
“Biarlah, meski masih hanya gang setiap blok yang diterangi lampu,” ujar Nursatia warga penghuni Blok A.
Penghuni lainnya juga menyambut gembira. Bahkan dari mulut mereka terdengar jelas teriakan kata “Merdeka…!”. “Kami sudah lama tidak merdeka, karena lampu sudah lama tidak menyala,” ujar Marsinah, penghuni lainnya.
Kembali menyalanya lampu di hunian bagi masyarakat ekonomi lemah itu, setelah Pemko Sibolga membayar tunggakan rekening listrik sebesar ratusan juta rupiah kepada PT PLN, pekan lalu. Kesepakatannya, listrik akan segera dialirkan kembali ke tiap rumah hunian. Perusahaan listrik negara itu pun akan mengubah meteran listrik dari sebelumnya model meteran angka ke sistim pra bayar atau token.
Petang itu, Wakil Ketua DPRD Sibolga Jamil Zeb Tumori ikut langsung meninjau pemasangan instalasi listrik token di rusunawa itu. Jamil juga mengajak Kepala PT PLN Area Sibolga Agus Tri Susanto. Jamil mengharapkan pihak PLN bisa segera merealisasikan kesepakatan yang sudah dicapai pasca pembayaran tunggakan sebelumnya.
“Yang penting bisa terang sedikit, dan warga bisa beraktifitas dengan lebih nyaman, tidak gelap-gelapan di luar,” kata Jamil.
Agus Trisusanto mengatakan, 3 hari lagi pihaknya baru bisa merampungkan pemasangan meteran token pada tiap rumah hunian. Tapi untuk pengaliran kembali arus listrik, pihaknya masih menunggu pembayaran biaya pemindahan penyambungan kembali dari Pemko Sibolga. Dan rencananya daya yang diberikan hanya 450 Watt untuk tiap rumah.
“Untuk pemasangan meteran token, kami janji 3 hari lagi semua sudah terpasang,” ujar Agus.
Editor: Mora